Menjaga stamina tetap prima saat gowes

November 19, 2015 - 4 minutes read

Menjaga stamina tetap prima saat gowes

kali ini mimin akan share tips menjaga stamina tetap prima saat gowes. Perlu sobat gowes ketahui bahwa stamina itu berbeda dari ketahanan atau kecepatan. Ketahanan mengacu pada jumlah waktu kekuatan anda bisa terus latihan. Kecepatan mengacu pada jumlah jarak yang anda selesaikan dalam jangka waktu tertentu. Stamina mengacu pada seberapa baik anda dapat mempertahankan usaha anda. Misalnya, mulai bersepeda pada 20 km/jam dan kemudian menurun hingga 15 km/jam setelah dua mil pertama, itu menunjukkan kurangnya stamina anda

Bagaimana agar stamina tetap prima saat gowes? Berikut tips agar stamina terjaga saat gowes bersepeda,

1. Ketrampilan dasar
Sebelum pelatihan dimulai, anda harus memiliki dasar skill yang basic didalam bersepeda, ditunjang juga kekuatan otot jantung dan daya tahan. Ini berarti sedikitnya enam bulan bersepeda santai, yang dilakukan minimal tiga sampai empat kali seminggu. Kenapa ? karena tubuh Anda membutuhkan waktu untuk beradaptasi, jika tidak, anda risiko cedera pada sendi, otot dan tendon. Membentuk stamina yang kuat dalam pelatihan anda tidak harus meningkatkan lebih dari 10 persen setiap minggunya. Begitu juga hanya memberikan minimal dua hari istirahat setiap minggu sehingga otot Anda memiliki waktu cukup untuk pulih dan lebih kuat dari stres pelatihan.

2. Latihan bersepeda rutin
Menggabungkan latihan bersepeda spesifik ke dalam jadwal Anda. Ini adalah waktu untuk bekerja pada kecepatan dan stamina. workouts bersepeda Anda harus bervariasi setiap hari. Sekali seminggu, lengkap latihan kecepatan intens di mana fokusnya adalah pada sprint pendek diulang selama bagian tengah perjalanan. Pastikan otot dan badan anda mencapai maksimal olahraga dengan benar dan kemudian pedal secepat mungkin bagi satu-ke-menit interval tiga. Lakukan latihan ini secara intens, dan pastikan kelelahan otot dan badan anda mencapai maksimal, dalam skala 1 sampai 10 anda harus mencapai 8 atau 9.

BACA JUGA:  asal usul sepeda pertama di dunia

3. Maksimalkan tempo yang teratur
Lakukan latihan tempo satu hari dalam seminggu. Di sinilah kecepatan rata-rata pada kecepatan akan lebih cepat dan semakin cepat, namun tidak secepat sebuah sprint. Tujuannya adalah untuk mempertahankan kecepatan yang constan dan ringan dalam beberapa mil pada interfal waktu tertentu. Dalam skala 1 sampai 10 tingkat kesulitan Anda harus merasa seperti 7 dan 8.

4. Perjalanan panjang seminggu sekali
Lakukan salah satu perjalanan panjang dalam setiap seminggu. Salah satu cara terbaik untuk membangun stamina adalah untuk meningkatkan jarak kilometer Anda seminggu sekali. Ini harus jarak yang lebih jauh dan tidak lebih dari 10 persen dari apa yang Anda lakukan minggu sebelumnya. Tujuannya adalah untuk membangun ketahanan dan kondisi otot Anda untuk tinggal di sepeda untuk jangka waktu yang lama. tingkat kesulitan Anda dalam skala 1 sampai 10 harus merasa seperti 6 dan 7 saat anda mencoba untuk menjaga kecepatan konsisten sepanjang latihan ini.

5. Makanan bergizi tinggi
Konsumsi makanan yang tepat dan gizi selama latihan. Selain dari pelatihan dengan benar, kunci lain untuk menjaga stamina selama bersepeda adalah kecukupan karbohidrat dan menerima cukup kalori. Meskipun Anda mungkin tidak merasa panas ketika naik sepeda, suplai makanan cair dan air minuman olahraga akan membantu sangat membantu anda untuk terus mendapatkan stamina yang baik. Untuk anda yang hobby gowes AKAP (antar kota antar propinsi) pastikan mengkonsumsi cukup kalori untuk mempertahankan energi anda. salah satunya madu atau kalo punya uang berlebih, silahkan beli powergel atau powerbar.

semoga tips menjaga stamina tetap prima saat gowes diatas dapat bermanfaat bagi agan2 goweser, baik pemula maupun profesional. salam gowes! 🙂

BACA JUGA:  Berkurangnya resiko terkena penyakit jantung dan kanker jika bersepeda