Menikmati Car Free Day dengan keluarga

July 1, 2016 - 4 minutes read

Menikmati Car Free Day dengan keluarga

Menikmati Car Free Day dengan keluarga. Pastinya sahabat goweser sudah gak asing dengan istilah Car Free Day kan. Ya Car Free Day yang selalu diselenggarakan di kota-kota besar saat ini untuk menikmati hari bebas kendaraan bermotor di ruas jalan tertentu setiap Minggu pagi, pastinya udah pada tau kan 🙂

Menikmati Car Free Day dengan keluarga

Kegiatan car free day diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan pertama kali diadakan di Jakarta pada 22 September 2007. Tujuan dari kegiatan car free day adalah menyosialisasikan kepada masyarakat agar menurunkan penggunaan kendaraan bermotor. Seperti yang dikutip dari infocarfreeday.net (15/4/2014), car free day di Jakarta diadakan setiap hari Minggu, pukul 6.00 – 11.00 pagi di ruas jalan tertentu. Namun waktu penyelenggaraannya berbeda tiap wilayah, misalnya di tingkat propinsi diadakan setiap hari Minggu di sekitaran Sudirman – M.H Thamrin dan di wilayah Jakarta selatan setiap Minggu I berlokasi di Jl. Sisingamangaraja, dan lain-lain.

Selama car free day, kendaraan bermotor dilarang melintas. Jalan raya dibebaskan dari sesaknya kendaraan yang memadati jalan setiap harinya. Masyarakat diberi ruang untuk melakukan kegiatan apa saja di sepanjang jalan, asalkan bukan aktivitas yang menyebabkan polusi, seperti saja olahraga bersama, lari, dan bersepeda.

Sejauh ini sudah banyak daerah di Pulau Jawa mengadopsi program car free day seperti di Jakarta. Langkah positif ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Anda pun tak ada salahnya memanfaatkan car free day untuk melakukan kegiatan bersama keluarga untuk istirahat sejenak dari kesibukan bekerja, sekaligus memberikan pendidikan untuk anak salah satu tujuan car free day yaitu mengurangi polusi udara akibat asap kendaraan bermotor bagi lingkungan.

BACA JUGA:  Rampingkan perut dengan gowes

Berikut beberapa ide menikmati car free day bareng keluarga yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda sekeluarga:

1. Jalan kaki bersama
Ketika car free day, ruas jalan sepi tanpa tanpa dilintasi kendaraan bermotor dan bunyi bising klakson kendaraan. Jalan raya yang pada jam kerja padat, mendadak lenggang. Oleh karena itu, jalan kaki bersama keluarga dapat dijadikan aktivitas seru untuk menciptakan waktu yang berkualitas. Selain itu kapan lagi merasakan lenggangnya jantung kota Jakarta?

2. Naik sepeda bersama
Kegiatan lain yang bisa dilakukan selama car free day adalah bersepeda. Bila Anda biasanya kurang nyaman bersepeda karena lalu lalang kendaraan bermotor, Anda dapat bersepeda dengan nyaman saat car free day.

Selain itu, pendidikan untuk anak bukan hanya di sekolah tetapi juga di luar rumah atau lingkungan. Jika Anda punya anak kecil, bersepeda ketika car free day merupakan waktu yang tepat, karena si kecil bisa belajar naik sepeda dan leluasa menggowes sepeda tanpa gangguan bunyi klakson atau takut tertabrak kendaraan.

3. Ikut senam aerobik
Biasanya di car free day banyak diselenggarakan berbagai macam kegiatan terutama yang berhubungan dengan kesehatan. Salah satu kegiatan yang kerap dilakukan adalah olahraga bersama, seperti senam aerobik.

Meski biasanya olahraga bersama itu diadakan oleh perusahaan atau organisasi kesehatan tertentu, Tapi tidak ada salahnya Anda dan keluarga ikut serta. Apalagi acaranya gratis dengan bonus tubuh Anda menjadi sehat dan bugar.

4. Membawa hewan peliharaan
Bila Anda pencinta hewan, tidak ada salahnya mengajak jalan hewan peliharaan saat car free day berlangsung. Selain dapat bertemu sesama pecinta hewan lain, tubuh pun menjadi sehat.

Gimana kawan? pasti tertarik kan dengan beberapa ide diatas? Boleh dicoba hari minggu nanti 🙂
Salam gowes!!

BACA JUGA:  Cek hal berikut sebelum bersepeda