Dalam gowes, kita juga perlu mengetahui berapa lebar ban yang sebenarnya kita butuhkan untuk sepeda gunung kita. Yuk simak artikel berikut untuk mengetahuinya.

Hal dasar yang berhubungan dengan lebar ban sepeda adalah lebih tipis = lebih cepat. Jika ban sepeda kita tipis, maka sepeda kita akan melaju lebih cepat. Hal ini dikarenakan, ban sepeda kalian akan sedikit kontak dengan jalanan/aspal. Tapi jika ban sepeda tersebut tipis, maka akan membutuhkan tekanan udara yang lebih tinggi sehingga akan lebih keras jika mengendarai sepeda tersebut.

Untuk ban yang lebih lebar, ban tersebut akan membuat gowes kita lebih stabil, karena lebih banyak kontak dengan permukaan jalanan. Tidak hanya itu saja, ban sepeda yang lebar juga dapat membuat cengkeraman lebih baik pada saat kita mengendarai di permukaan yang bergeronjal / tidak rata. Sebenarnya, ban yang sesuai dengan diameter rim / pelek (vleg) lebih cocok. Karena jika terlalu besar, sebenarnya akan menyulitkan kita dalam membersihkan rem dan juga frame sepeda.

BACA JUGA:  Tips membeli sepeda gunung second