Mengapa Bonk dapat terjadi saat gowes

October 19, 2015 - 2 minutes read

Mengapa Bonk dapat terjadi saat gowes

Bagaimana Bonk (kehabisan tenaga) dapat terjadi saat gowes

mari kita sedikit membahas tentang bagaimana tubuh menggunakan energi ketika berolah-raga. Ada tiga sumber energi yang dipergunakan oleh tubuh/otot ketika berolah-raga: glikogen, yaitu karbohidrat yang tersimpan di hati dan otot, gula yang bersirkulasi dalam darah (yang berasal dari liver juga), dan persediaan lemak. Penggunaan sumber energi ini berbeda-beda tergantung keadaan, yang akan dijelaskan berikut.

Gula yang beredar dalam darah:
walaupun ini bisa dipakai oleh otot, sumber energi ini bukan sumber energi yang utama. Alasannya adalah karena glikogen di otot lebih gampang dipakai dan lebih tersedia. Hati, yaitu sumber gula dalam darah, hanya menyimpan lebih kurang 100 gram glikogen, dibanding otot-otot tubuh yang bisa menyimpan 600 gram glikogen. Oleh karena itu gula dalam darah disebut sumber energi sekunder.

Cadangan lemak:
tubuh menyimpan banyak sekali lemak, yang bisa dipakai untuk bersepeda ribuan kilometer. Tapi masalahnya, untuk “membakar” lemak menjadi energi dibutuhkan proses yang tidak cepat, jadi ini hanya bisa terjadi kalau intensitas olah-raganya rendah. Begitu intensitas olah-raga meningkat, maka otot akan memakai sumber energi yang lebih gampang dan cepat untuk diproduksi, yaitu glikogen.

Glikogen dalam otot:
seorang yang terlatih (contoh: seperti seorang atlit) biasanya punya persediaan glikogen dalam otot cukup untuk melakukan olah-raga intensitas sedang selama 1.5 – 2 jam-an. Glikogen bersumber dari karbohidrat yang diasup. Penggunaan glikogen sebagai sumber energi ketika berolah-raga kurang lebih berbanding lurus dengan intensitasnya. Semakin tinggi, otot akan lebih banyak memakai glikogen otot dari pada membakar lemak (karena untuk membakar lemak dibutuhkan proses yang lama tadi, padahal butuhnya cepat). Seorang atlit ototnya bisa menyimpan lebih banyak glikogen dari pada orang biasa. Jumlah glikogen yang tersimpan juga bergantung dari jenis diet yang dilakukan; diet rendah karbohidat akan membuat otot menyimpan sedikit glikogen. Berikut adalah gambaran persediaan glikogen menurut sebuah penelitian (lihat referensi):

BACA JUGA:  Nafsu makan bertambah? Jangan khawatir, gowes bisa kikis nafsu makan berlebih.

tabel-bonk

Jadi kenapa bonk bisa terjadi? Bonk terjadi karena tubuh telah kehabisan semua persediaan glikogen, dan asupan makanan tidak cukup untuk mensuplai gula dalam darah, sedangkan tubuh masih dituntut untuk meneruskan aktivitas. Oleh karena itu, diperlukan sebuah manajemen tertentu agar gowes kita bisa tahan berjam-jam tanpa terbentur masalah ini yah guys 🙂