Melibas turunan saat bersepeda

January 24, 2016 - 2 minutes read

Melibas turunan saat bersepeda

Kali ini mimin bakal share cara melibas turunan saat bersepeda di musim hujan, mengingat musim hujan sudah datang sahabat goweser. Buat para goweser mungkin musim hujan adalah sesuatu yang sedikit bisa menghambat untuk menyarlurkan hobi bersepedanya. Buat yang memang hobi bersepeda terutama yang suka dengan melibas tanjakan dan turunan mesti berhati-hati nih di musim hujan seperti ini. Apalagi medan yang di libas adalah medan yang licin, wajib menguasai teknik sederhana agar tidak jatuh dari sepeda. Berikut ini saya ingin membagikan tips cara melahap turunan saat bersepeda. yukk langsung disimak saja.

  1. Saat ingin melahap turunan usahakan untuk berkonsentrasi penuh, jangan hilang kontrol ataupun pikiran malah melayang kemana-mana. Karena bisa sangat berbahaya sahabat goweser.
  2. Untuk pengereman, gunakan rem belakang saat melibas turunan, jangan malah banyak menggunakan rem depan. Bisa-bisa terjungkal dari sepeda nanti. Logikanya rem depan buat berhenti dan rem belakang buat mengurangi kecepatan
  3. Atau untuk teknik pengereman bisa dengan menggunakan dua rem sekaligus namun porsinya yang berbeda, misal rem depan 30% dan rem belakang 70%. Intinya kembali lagi ke poin dua, lebih utamakan rem belakang. karena rem belakang adalah untuk mengurangi kecepatan
  4. Pindahkan titik beban berat tubuh ke belakang. Kalian bisa melakukannya dengan berdiri sambil mendorong badan ke belakang.
  5. Bila medan turunan yang dilalui tidak rata seperti tanah berbatu, jika fork kalian terbiasa terkunci sebaiknya di unlock terlebih dahulu, ini berfungsi untuk meredam getaran.

Sekian tips yang bisa mimin bagikan. semoga bisa bermanfaat ya tips sederhananya, tapi memang perlu diperhatikan sekali. Apalagi untuk teman-teman yang masih baru di dunia pergowesan, hal ini perlu diperhatikan. Salam gowes!

BACA JUGA:  Teknik berlatih dengan sepeda balap