Manfaat kesehatan dengan bersepeda apabila dilakukan dengan rutin

July 10, 2016 - 5 minutes read

Manfaat kesehatan dengan bersepeda apabila dilakukan dengan rutin

Manfaat kesehatan dengan bersepeda apabila dilakukan dengan rutin. Selain sebagai alat transportasi sepeda juga sering digunakan sebagai alat rekreasi atau olahraga yang menyenangkan. Kita dapat mengayuh sepeda kemana saja yang kita inginkan untuk menikmati mulai dari pemandangan alam, pemandangan hiruk pikuk kota, dll. Tidak sedikit juga banyak orang memilih bersepeda sebagai olahraga yang mereka tekuni. Bersepeda membuat tubuh bergerak aktif. Menurut penelitian, tubuh yang aktif adalah salah satu syarat penting untuk menjaga kualitas kesehatan kita. Bersepeda sendiri, jika dilakukan minimal 2,5 jam seminggu secara rutin akan memiliki dampak yang sangat positif bagi kesehatan tubuh kita. Berikut mimin akan share beberapa manfaat positif yang dapat diperoleh melalui olahraga bersepeda untuk tubuh dan kesehatan kita kawan.

1. Meningkatkan kekuatan otot

Saat bersepeda, hampir semua anggota tubuh bergerak, mulai dari kaki yang mengayuh, mata yang selalu waspada hingga pikiran yang selalu berkonsentrasi. Banyaknya anggota tubuh yang aktif membuat otot tubuh mengalami peningkatan aktivitas. Jika aktivitas itu dilakukan secara rutin, maka akan menhasilkan otot yang kuat dan fleksibel. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

2. Memperbaiki dan meningkatkan kinerja sistem sirkulasi (kardiovaskuler)

Bersepeda, kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi akan meningkat. Selain itu, bersepeda secara teratur juga mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah. Menurunnya tingkat kolesterol jahat akan meminimalisasi risiko penyempitan pembuluh darah. Otot jantung yang biasa terlatih akan lebih efektif sehingga proses mengantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh makin optimal. Makin baik kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular Anda, makin rendah risiko Anda terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:  Tubuh terasa lemas setelah bersepeda. Kenapa?

3. Memelihara dan merawat sendi, pinggang dan tulang belakang

Selain otot, sendi-sendi pada kaki dan tangan akan ikut aktif. Siku, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Mobilitas yang baik pada persendian akan membuatnya makin fleksibel. Selain itu, meskipun bersepeda lebih fokus pada latihan tungkai dan kaki, namun ini juga dapat memberi efek pada bagian atas tubuh, misalnya bahu dan pinggang. Oleh karena itu, bersepeda sangat cocok untuk mereka yang mengalami kelainan postur tubuh.

4. Memberikan paparan sinar matahari dan mencegah osteoporosis

Para ahli percaya bahwa 15 menit terkena sinar matahari, dapat memberikan kita vitamin D yang akan mencegah osteoporosis. Dengan bersepeda, maka kulit kita akan langsung terpapa sinar matahari.

5. Mengurangi stres

Saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit. Timbulnya rasa nyaman dalam tubuh tentu saja akan mengurangi beban yang menggelayuti pikiran Anda. Ditambah dengan bagusnya pemandangan saat bersepeda, maka penurunan level stres dalam tubuh Anda akan makin signifikan.

6. Mengatur berat badan dan mengencangkan kulit kendur

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bersepeda membuat hampir seluruh otot tubuh kita bergerak, sehingga dapat membakar sel lemak. Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. untuk itu upayakan untuk mengombinasikan kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan yang seimbang sebagai langkah menghindari risiko kegemukan. Tidak hanya itu, kulit yang mulai mengendur pun dapat dipulihkan dengan bersepeda karena otot-otot saling bergerak dan menarik.

BACA JUGA:  Donat atau sepeda lipat?

8. Sepeti gym, tapi bukan gym

Sekarang banyak orang yang berolahraga di tempat gym dan menghabiskan uang untuk itu. Dengan bersepeda, apakah Anda harus membayar uang bulanan? Tidak. Jika tidak memiliki sepeda, kita hanya mengeluarkan uang satu kali untuk membelinya. Bersepeda pun sudah bisa dikatakan memberikan kesehatan yang komplit untuk kita, memperkuat otot-otot, sistem rangka tulang, sendi, sirkulasi darah, stamina, serta sistem kekebalan tubuh.

9. Ramah lingkungan

Sepeda tidak menimbulkan polusi udara, suara, dan tidak meninggalkan jejak karbon. Tentunya hal ini akan memberikan manfaat kesehatan yang besar kepada manusia hingga jangka waktu yang panjang.