Gowes sepeda gunung memang sangat menyenangkan. Namu seringkali, kita menjadi lapar karena setelah bersepeda, kalori dalam tubuh akan terpakai. Nah, makanan apa sih yang sebenarnya baik untuk dikonsumsi sebelum bersepeda?

Well, mengkonsumsi makanan sebelum gowes, lebih baik jika tergantung dari kapan waktu berolahraganya.

Jika kita ingin gowes di pagi hari, kita bisa mengonsumsi buah-buahan atau jus, dan jangan lupa minum air putih yang banyak. Jika berolahraga di pertengahan pagi seperti jam 9 pagi, kita bisa sarapan yang mengandung karbohidrat tinggi untuk memberikan energy yang cukup, seperti roti. Tapi jika kita ingin gowes sebelum makan siang, kita bisa makan makanan ringan saja. Lalu, untuk gowes pada sore hari bisa makan biskuit, kue kering ataupun yoghurt.

Sebenarnya, ini adalah suatu pedoman umum sebelum seseorang memulai olahraga nya. Jika, kita mempunyai masalah dalam pencernaan kita, tentu pedoman ini juga akan menjadi beda. Karena itu, kita bisa mencari tahu dulu, pedoman makan sebelum olahraga yang khusus untuk tubuh kita. Misalnya, jika seseorang adalah lactose-intolerant, maka tidak boleh mengkonsumsi susu, ataupun yoghurt.

So, jika kita ingin memperoleh manfaat seoptimal mungkin, sebaiknya kita menghindari makan makanan yang berat sesaat sebelum gowes dan jangan lupa untuk selalu minum air putih yang cukup untuk nantinya dapat mengganti cairan tubuh yang hilang akibat berolahraga. Supaya nanti kita tidak dehidrasi.

Don’t forget untuk selalu minum air putih yang cukup, tidak makan makanan yang berat sebelum gowes, dan makan makanan yang ringan untuk dapat menambah energi.

 

BACA JUGA:  Tips merawat sepeda gunung (part 4)