Luangkan Waktu Bersepeda untuk Kesehatan Anda

November 25, 2015 - 3 minutes read

Luangkan Waktu Bersepeda untuk Kesehatan Anda

Bersepeda adalah salah satu latihan aerobik yang terbaik yang diminati oleh semua umur sepanjang mereka dalam kondisi sehat untuk memulainya. Bersepeda baik sekali untuk kesehatan jantung, pernafasan dan kebugaran otot. Nikmatnya bersepeda adalah dimana di samping untuk kebugaran tubuh dan jiwa secara simultan, Anda juga merasa gembira karena sambil bersepeda Anda bisa menikmati pemandangan yang dilewati.

Yang lebih membanggakan bagi pengendara sepeda adalah olahraga ini diminati oleh kalangan semua umur yang berlatih, berlomba, atau sekedar mengisi waktu akhir pekan mereka. Dua hal yang diperoleh oleh penggemar sepeda, yaitu kepuasan atas aktivitas mereka dan memperoleh manfaat atas latihan yang dilakukan berupa kebugaran tubuh dan sekaligus membakar kalori.

Sepeda Olahraga bagi Setiap Orang

Sepeda, disamping sebagai alat transport sederhana yang digunakan oleh orang-orang baik di pedesaan maupun di kota yang penuh sesak dengn kendaraan. Berjuta-juta orang pada hari apa pun turun bersepeda di jalan raya mapun di jalan pedesaan sambil menikmati indahnya alam pedesaan.

Bersepeda secara rutin akan membuat Anda bugar dan gembira dan membawa Anda keluar dari lingkaran kejenuhan pekerjaan yang menimbulkan stres.
Saat ini semakin banyak pengendara sepeda yang berpartisipasi dalam duathlon, triathlon dan lomba sepeda jalanan. Bersepeda yang kompetitif merupakan olahraga yang menekankan sistem pernafasan jantung tanpa menimbulkan efek samping pada anggota badan.

Sepeda Stasioner jika cuaca tidak memungkinkan

Tidak ada jalan untuk tidak bersepeda. Jika cuaca buruk Anda masih bisa bersepeda di rumah dengan menggunakan sepeda stasioner. Dari segi manfaat kesehatan, bersepeda stasioner memberikan mnafaat yang sama. Anda masih bisa menonton acara TV kesayangan sambil mengayuh sepeda. Dari segi rekreasi memang bersepeda stasioner kurang menyenangkan karena Anda tidak bisa menikmati pemandangan luar.

BACA JUGA:  Cara agar tetap wangi setelah olahraga gowes

Tingkat populeritas Olahraga Bersepeda

Bersepeda menempati urutan teratas di antara kegiatn olahraga yang populer di Amerika Serikat. Jumlah yang berlatih secara rutin diperkirakan oleh the Bycicle Institute of America lebih dari 50 juta orang. Asosiasi pembuatan alat-alat olahraga mengatakan bahwa lebih dari 5 juta orang Amerika bersepeda lebih dari 100 hari dalam setahun.

Alasan utama kebanyakan orang untuk bersepeda adalah kebugaran dan sifatnya yang mengandung unsur rekreasi. Olahraga sepeda mudah dilakukan tanpa menggunakan atau memerlukan peralatan khusus untuk melaksanakannya. Harga sepeda pun dapat terjangkau tergantung type dan kualitas apa yang kita inginkan.

Manfaat Bersepeda

Bersepeda merupakan cara terbaik untuk berlatih selama 20 sampai dengan 30 menit setiap hari, 3 sampai 5 hari per minggu agar memperoleh kesehatan dan kebugaan yang baik. Bersepeda sama effektifnya dengan jalan atau berlari. Ia dapat meningkatkan aerobik yang diperlukan bagi sistem jantung dengan tekanan yang kurang pada anggota tubuh.
Dengan bersepeda jantung menjadi lebih sehat, kapasitas aerobik menjadi meningkat, dan kemungkinan untuk mendapatkan penyakit jantung sangat kecil sekali.

Olahraga bersepeda sangat disarankan bagi mereka yang sudah cukup umur dan mempunyai masalah dengan anggota tubuhnya mengingat olahraga jenis ini tidak menimbulkan beban yang yang berat bagi anggota tubuh.LI-07/Johan