Seringkali kita mendengar kata kognitif. Tapi sebenarnya kemampuan kognitif itu apa sih? Sebenarnya segala upaya yang menyangkut kegiatan atau aktivitas otak termasuk daam kegiatan kognitif. Hal itu dapat berupa pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi. Jadi, kognitif adalah pola pikiran manusia dalam pengetahuan, alur informasi dan pikiran.

Jika kita berkata ‘Kreatif’, hal ini juga termasuk dalam kognitif. Beberapa hasil dari penelitian, membuktikan bahwa olahraga seperti gowes juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif secara umum, dimana kreativitas menjadi salah satu bagian dalam kognitif.

Memakai sepeda gunung dapat menurunkan kadar kortisol dan meningkatkan hormon endorphin (hormon yang diproduksi oleh kelenjar di bagian bawah otak). Hormon ini dapat memberikan efek senang dan nyaman sehingga dapat meningkatkan kreativitas pada otak.

Orang dewasa yang berusia sekitar 50 hingga 80 tahun yang berolahraga secara rutin mempunyai kemampuan otak 4 kali lipat lebih tinggi daripada mereka yang tidak gowes. Tidak hanya itu saja, orang yang gowes secara teratur ternyata dapat mencegah terjadinya dementia. Jadi kalian tidak akan lupa lagi dimana menaruh kacamata atau buku kalian.

So, gunakan sepeda gunung secara teratur dengan intensitas sedang selama 5 kali dalam seminggu. Kita bisa melakukannya dengan durasi 30 menit hingga 1 jam secara stabil.

BACA JUGA:  Ini dia beberapa makanan yang baik untuk goweser agar recovery tubuh lebih cepat