Lance Armstrong, pembalap sepeda yang ternyata adalah survivor kanker testis staidum 3

June 15, 2017 - 2 minutes read

Goweser hari ini sudah gowes atau belum? Kalo belum, yuk baca kisah Lance Armstrong berikut ini. Eits, setelah baca, jangan lupa sepeda gunung nya dipakai ya.

Lance Armstrong adalah pembalap sepeda gunung yang sudah memenangkan loma balap sepeda bertahun-tahun.Tapi siapa disangka, ternyata Lance ini pernah mengidap kanker dan juga survivor dari penyakit kanker tersebut.  Pada tanggal 2 Oktober 1996 dimana saat itu Lance masih berusia 25 tahun, Lance ternyata divonis mengidap kanker testis stadium 3. Dokter yang menanganinya Jim Reeves mengaku kalau dia sangat pesimis atas kesembuhan Lance. Ia pun memberitahu Lance bahwa dirinya memiliki kemungkinan sembuh hanya 20-50 persen. Namun, tidak disangka-sangka, yang awalnya kemungkinan untuk sembuh cukup kecil, pada Februari 1997, Lance dinyatakan bebas kanker.

Sayangnya, karena kankernya ini, tim sepeda balapnya, “Confidis”, membatalkan kontrak dengannya. Tapi setelah itu, Lance akhirnya bergabung dengan tim US Postal. Ternyata Lance juga mendirikan sebuah organisasi untuk membantu para pengidap kanker yang bernama Lance Armstrong Foundation. Tapi, setelah skandal dopingnya terkuak, nama organisasi pun diganti menjadi Livestrong.

Lance Armstrong pada masa penyembuhan kanker

Setelah bebas dari kanker, Lance Armstrong berhasil memiliki anak. Meskipun begitu, dokter saat itu berkata bahwa kemungkinan ia tidak akan bisa lagi mendapatkan anak karena kemoterapi yang dijalani dulu. Lance ternyata juga memiliki sebuah kafe yang diberi nama “Juan Pelota Café”, Juan berarti satu dan Pelota adalah kata jargon untuk testis, berarti ia menamakan kafenya berdasarkan kondisinya, yang memiliki 1 testis.

Jika ingin mengetahui kisah hidup Lance Armstorng yang cukup controversial, kalian bisa melihatnya dalam bentuk film yang berjudul The Program.

 

BACA JUGA:  mengapa bersepeda lebih baik?