Sometimes, konsentrasi kita menjadi berkurang akibat terlalu banyak pikiran atau stress. Kita pun menjadi lupa menaruh barang kita dimana dan bingung sebenarnya tadi mau ngapain. Atau, apakah kalian pernah, ketika ingin mengatakan sesuatu kepada teman, tapi tiba-tiba lupa apa yang sebenarnya mau dikatakan? Well, itu adalah salah satu tanda kalian tidak fokus atau susah konsentrasi.

Terus, gimana sih caranya agar konsentrasi menjadi meningkat supaya kita selalu fokus dan tidak ketinggalan akan informasi-informasi terbaru?

Dengan memakai sepeda gunung, bisa lho tingkatkan konsentrasi kita.

Again, penelitian menunjukkan bahwa gowes secara rutin dapat meningkatkan konsentrasi kita. Hal ini disebabkan karena sel-sel dalam otak dapat terbarui sehingga kinerja otak menjadi optimal.

Gowes dapat meningkatkan senyawa kimia aktif yaitu faktor otak neuroptik, atau yang sering dikenal dengan BDNF. Memakai sepeda gunung dapat memperlancar penyuplaian BDNF sehingga merangsang pertumbuhan sel-sel otak baru. Kegiatan ini terjadi di bagian hippocampus dimana bagian ini bertanggung jawab dan bekerja untuk memori otak. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur, kita dapat membuat senyawa hormon ini menjadi aktif sehingga kita tidak mudah pikun dan lebih meningkatkan fokus kita.

Bahkan, ada pula research untuk terapi olahraga yang dilakukan dalam menangani orang yang mengalami ADHD (Attention Deficit Hyperkinetic Disorder). Manfaat ini merupakan dampak yang terjadi dari pembentukan neuron baru dan koneksi antar sel-sel neuron pada otak yang lebih padat.

BACA JUGA:  Mau belanja, tapi barang bawaan banyak? Ini lho sepeda untuk belanja