Keuntungan Ibu hamil bersepeda

July 10, 2017 - 1 minute read

Menggunakan sepeda gunung memberikan banyak manfaat. Tidak terkecuali untuk ibu hamil. Jika ada sebuah larangan yang menyatakan bahwa adalah ibu hamil tidak boleh bersepeda itu tidaklah benar. Gowes justru bisa memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil. Tapi perlu diingat, gowes sepeda gunung saat hamil juga membutuhkan perhatian yang khusus. Dan lebih baik untuk memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu saat hendak bersepeda dan konsultasikan ke dokter.

Menurut Dr. Andy Ward (RCOG), bersepeda sebenarnya memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil, baik secara fisik maupun psikologis. Dengan bersepeda, wanita hamil akan mengalami sedikit insomnia, kecemasan, stress, dan depresi. Seperti yang kita ketahui, wanita hamil mempunyai emosi yang tidak stabil, tapi jika bersepeda, emosi akan menjadi lebih baik.

Tidak hanya itu saja, dengan gowes sepeda gunung, wanita hamil akan mengalami penurunan pre-eklampsia. Pre-eklampsia adalah meningkatnya tekanan darah tinggi dan kadar protein dalam urine dimana nantinya akan berkembang menjadi eklampsia yang dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin.

Studi di Denmark pada tahun 2009 menunjukkan sedikit peningkatan pre-eklampsia pada wanita hamil yang bersepeda.

BACA JUGA:  Gila bersepeda di belanda