Kenapa sih kok gampang lapar dan akhirnya suka ngemil?

September 12, 2017 - 1 minute read

Pernah nda sih kepikiran kenapa kita gampang lapar, dan akhirnya kita pun mengemil? Banyak banget dari kita ingin menguruskan berat badan, tapi nafsu makan kita selalu bertambah. Walaupun kita sudah gowes sepeda gunung, tapi masih saja gampang lapar, akhirnya berat badan bertambah deh. Pernah nda nih goweser mengalami hal tersebut?

Ternyata, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The European Journal of Clinical Nutrition, ada hubungan yang cukup erat antara kurang tidur dan makan berlebihan. Mereka yang kurang tidur atau punya kualitas tidur buruk akan cenderung suka ngemil 385 kalori lebih per harinya.

Parahnya lagi, ternyata mereka akan lebih terdorong untuk ngemil atau makan makanan berlemak, gorengan, karbohidrat dan makanan tak sehat lainnya. Dalam penelitian ini, mereka yang kurang tidur juga cenderung menghindari makanan berprotein tinggi dan kaya nutrisi seperti sayur dan buah karena dianggap tidak memuaskan.

Cara atau solusi agar terhindar dari keinginan untuk mengemil dan mudah lapar ini adalah dengan tidur yang cukup, yaitu 7 hingga 8 jam. Jadwalkan tidur yang baik dan yang kamu butuhkan setiap malamnya sehingga esok hari, rasa kantuk berlebihan dan stres karena kurang tidur tidak memicu keinginan untuk ngemil. Karena sebenarnya ngemil adalah caramu mengalihkan perhatian agar tidak mengantuk dan tetap terjaga selama seharian.

 

BACA JUGA:  Cegah flu dan pilek dengan hal berikut ini (part 2)