Kenapa bersepeda paling optimal di pagi hari

August 20, 2016 - 3 minutes read

Kenapa bersepeda paling optimal di pagi hari

Kenapa bersepeda paling optimal di pagi hari. Sudah tau alasan kenapa selama ini kita terbiasa Bersepeda atau aktivitas olahraga lain dengan pilihan waktu pagi hari? Kebanyakan dari kita mungkin menjalaninya demikian karena emang dari kakek nenek kita atau bapak ibu dulu ngasih contohnya, kalo aktivitas olahraga termasuk bersepeda ya di waktu pagi hari. Mungkin dengan alasan udaranya masih segar, betul juga sih!

Siapa sangka, Para akademisi pun ternyata bersepakat bahwa memang pagi hari merupakan waktu ter’oke’ buat berolahraga. Cocok dengan, pendapat para orang tua terdahulu bahwa Pagi hari merupakan saat di mana udara masih bersih dan segar sehingga suplai oksigen ke dalam tubuh pun optimal.

Kurang oke juga rasanya jika pendapat akademisi tersebut dilatarbelakangi alasan yang terkesan klise (udara masih segar) seperti orang tua kita dulu. Sabar bro, ternyata ada beberapa alasan lain yang membuat waktu pagi hari memiliki bobot lebih sebagai pilihan terbaik waktu untuk olahraga termasuk bersepeda.

Bersepeda di pagi hari akan membakar lemak lebih banyak

Secara alami, tubuh kita membakar dua jenis sumber energi Anda yaitu lemak dan glukosa. “Baik untuk memulai hari dengan peningkatan metabolisme dalam tubuh, yang berarti Anda melakukan pembakaran lemak saat memulai hari,” terang Monica Nelson, dari American Council on Exercise-certified.

Ketika Anda tidur tubuh Anda membakar glukosa dan meninggalkan Anda dengan lemak yang lebih banyak saat bangun. Itulah sebabnya lemak akan lebih banyak dibakar saat olahraga pagi.

Meski demikian, patut kita camkan bahwa Olahraga dengan latihan intensitas tinggi di pagi hari sebelum sarapan sangat tidak dianjurkan oleh para ahli. Sebab, latihan/olahraga dengan intensitas tinggi di pagi hari sebelum sarapan akan berpotensi menjadi penyebab tubuh mengalami kelelahan di tengah latihan sehingga setengah latihan selanjutnya terlewatkan. “Ini akan membuat tubuh Anda lemas karena kekurangan energi. Semakin sedikit energi digunakan semakin sedikit lemak dibakar,” terang Nelson.

BACA JUGA:  Jangan kaget ya. Ini lho gaji penjual minuman keliling

Bersepeda di pagi hari dan dapatkan tidur anda lebih nyenyak

Studi telah menunjukkan bahwa pria dan wanita yang berolahraga (termasuk aktivitas bersepeda di dalamnya) di waktu pagi hari akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas (nyenyak) dibandingkan efek yang dapat ditimbulkan oleh aktivitas olahraga pada pilihan waktu lain. Ini disebabkan karena otot-otot membutuhkan waktu untuk bersantai dan menjadi normal, sehingga berolahraga di malam hari misalnya justru akan mengganggu tidur kita.

Pilihan dan ketersediaan ruang yang lebih banyak

Kita tentu akan sepakat jika bersepeda maupun aktivitas olahraga lain di pagi hari maka tujuan dan pilihan ruang pun lebih variatif. Kita cenderung bisa bersepeda ke tempat-tempat yang kita kehendaki dengan lebih bebas, sebab waktu pagi mungkin ruang-ruang atau tujuan gowes itu masih cenderung sepi dengan orang dan kendaraan. Efeknya juga berpengaruh pada psikologi kita, pada kondisi ini akan membuat perasaan kita lebih tenang dan leluasa dalam berolahraga.