Seringkali karena ada beberapa aktivitas yang kita lakukan, akhirnya sepeda gunung kita, tidak kita gunakan, melainkan kita simpan dan taruh di dalam rumah. Karena liburan idul fitri, kita pun tidak gowes, dan akhirnya kita diamkan sepeda kita. Dan setelah kita pulang, kita pun mengetahui bahwa ban sepeda kita kempes. Apalagi jika kita tahu bahwa sepeda kita mau kita gunakan untuk berangkat kerja. Wah, pasti tambah kesal ya. Tapi kenapa sih kok ban sepeda kita tiba-tiba kempes?

Ini dia alasan kenapa ban sepeda kita menjadi kempes jika lama tidak kita pakai.

Ternyata, hal ini berhubungan dengan pelajaran IPA yang kita pelajari saat SD /SMP, yaitu teori pemuaian dan penyusutan. Prinsip dalam teori ini cukup sederhana, yaitu, sebuah benda akan bertambah volumenya jika suhu udara meningkat atau dipanaskan. Begitu pula dengan sebaliknya, jika suhu udara dingin, maka volume benda tersebut akan berkurang.

Jadi, ketika sepeda gunung kita selalu kita gunakan, suhu udara dalam ban tersebut akan menjadi panas, dan akhirnya ban pun tidak menjadi kempes / dalam posisi stabil. Sedangkan jika sepeda kita lama tidak kita buat untuk gowes, maka suhu udara dalam ban menjadi dingin, dan ban pun menjadi kempes.

Karena itu, goweser selalu cek ban sepeda gunung sebelum dan sesudah kita gunakan ya.

BACA JUGA:  Lampu sepeda star wars