Kebiasaan Bersepeda Masyarakat Jepang

March 5, 2016 - 3 minutes read

Kebiasaan Bersepeda Masyarakat Jepang

Kali ini mimin ingin Kebiasaan Bersepeda Masyarakat Jepang. pasti pada tau kan pada negara sakura, di negara ini sangat populer bersepeda. Mengikuti penuturan Penyiar bahasa Rusia, Oleg Vyssotchine serasa menyusuri jalan-jalan di kota-kota di Jepang dengan sepeda dan membuka kembali buku lama untuk mengungkap sejarah sepeda di Jepang. Penelusuran dimulai dari toko sepeda, titik mulai yang tepat untuk mengungkap segala sesuatu tentang sepeda di Jepang. Jumlah model sepeda yang banyak dalam toko sepeda yang dikunjungi Oleg Vyssotchine memberikan gambaran ketersediaan barang yang biasanya menyesuaikan dengan keinginan konsumen, barang yang tersedia di toko dalam jumlah yang banyak dengan model yang bervariasi memberikan pertanda bahwa barang tersebut laku di pasaran dan banyak dibutuhkan konsumen.

Kondisi ini memberikan gambaran bahwa sepeda merupakan alat transportasi yang sedang populer di Jepang saat ini atau bahkan bertahun-tahun yang lalu. Menarik sekali diketahui bahwa sejarah tentang sepeda di Jepang awalnya datang dari Eropa, yaitu dibawa oleh warga asing yang tinggal di Yokohama dan Kobe pada abad 19. Namun setelah impor sepeda dari Eropa terhenti, mendorong produksi sepeda di dalam negeri Jepang sendiri. Dimulailah era industri sepeda di Jepang dengan mengadopsi teknologi yang dikembangkan oleh produsen sepeda Eropa saat itu, dan hal ini mendorong penggunaan sepeda menjadi lebih memasyarakat dalam kehidupan sehari-hari penduduk Jepang. Saat ini ketika teknologi transportasi sudah sedemikian maju, sepeda tetap menjadi bagian kehidupan sehari-hari rakyat Jepang, karena hemat energi/ tidak menggunakan bahan bakar fosil sehingga ramah lingkungan, Uji coba sistem sepeda komunitas di salah satu kota di Jepang memberikan gambaran keseriusan pemerintah dalam memahami keinginan masyarakat untuk kemudahan dalam transportasi namun tetap memperhatikan kebersihan udara dan pelestarian lingkungan.

BACA JUGA:  Manfaat dari sarung tangan sepeda

Analisis hasil uji coba sistem sepeda komunitas ini menunjukkan bahwa masyarakat menyukai pemberlakukan sistem ini. Sistem yang sangat mendukung dalam memerangi pemanasan global, dan sangat sesuai dengan predikat Jepang sebagai negara maju terkemuka didunia. Sungguh luar biasa jika predikat negara produsen mobil sekaligus sebagai negara sepeda terbesar didunia. Fakta 90 juta sepeda di Jepang dengan rasio 1 sepeda untuk 4 orang merupakan rasio yang tinggi. Fakta yang sangat menarik. Ulasan ini memberikan dorongan semangat bagi para pendengar untuk juga memanfaatkan sepeda dalam transportasi sehari-hari. Kalau bisa menghemat energi, memerangi pemanasan global sekaligus dapat berolah raga yang menyehatkan, so kawan goweser kenapa tidak kita mulai bersepeda? yuk bersepeda! salam gowes!