Seringkali jalanan yang kita lalui saat gowes tidaklah hanya jalanan yang on-road. Karena kita suka berekreasi menggunakan sepeda gunung, kita juga terkadang melalui medan off-road baik kering maupun yang off road yang basah. Sehingga, hal ini memungkinkan sepeda gunung kita menjadi kotor atau belepotan dengan tanah. Nah, berikut adalah tips akan beberapa benda penting yang kita butuhkan untuk membersihkan sepeda gunung kesayangan kita.

  1. Air Sabun.

Gunakan air sabun (detergent) agar dapat menghilangkan tanah ataupun lumpur yang menempel pada seluruh badan sepeda. Kita bisa gunakan sikat, atau kain. Jangan semprot langsung air ke seluruh sepeda, apalagi dengan kekuatan atau tekanan yang tinggi. Hal ini karena dikhawatirkan, air tersebut akan masuk ke gear yang bisa membuat karatan. Tapi

  1. Bensin.

Gunakan bensin untuk membersihkan dan melarutkan kotoran dengan bantuan kuas. Menggunakan bensin, khusus digunakan untuk membersihkan fork, gear, laker ban, rantai, dan persendian lainnya. Untuk rantai, bersihkan pada segmen-segmen rantainya dari kotoran atau pasir yang menempel agar gesekan antar segmen pada rantai dapat menjadi lancar.

  1. Oli (Penetran).

Semprotakan oli atau penetran setelah seluruh bagian sepeda bersih dari kotoran. Semprotkan pada bagian persendian sseperti rantai, gear, fork, dll. Oli ini digunakan untuk menghilangkan jamur pada aluminium yang biasanya muncul dan terdapat pada bagian breaker-handle.

  1. Pelapis Body.

Pelapis body atau cat ini dapat kita gunakan untuk memperkilau dan menjaga warnanya agar tidak cepat pudar. Bahkan jika ada bagian dari body sepeda yang mulai munculĀ  karat, bisa kita tutupi dengan menggunakan cat ini.

  1. Semir Ban.

Jika ingin mempercantik penampilan sepeda gunung kita, tidak lupa kita gunakan semmir ban. Hal ini dikarenakan ban adalah salah satu komponen dominan dari sepeda gunung.

BACA JUGA:  Sejarah Balap Sepeda di Indonesia