Bersepeda memang sangat menyenangkan. Seringkali kita jadi lupa waktu karena gowes sepeda gunung. Tapi, setelah bersepeda, ada beberapa hal yang harus kta hindari, karena akan mempengaruhi proses kesehatan kita. Apa saja sih larangan setelah bersepeda? Yuk simak artikel berikut ini.

Setelah bersepeda, seringkali kita ingin cepat-cepat sampai ke rumah, makan, dan langsung tidur. Tapi, ternyata hal tersebut adalah salah. Memang kita bakal terasa capai, panas, dan berkeringat banyak karena habis gowes sepeda gunung. Namun, sebaiknya kita tidak melakukan hal tersebut setelah bersepeda. Ini dia hal yang harus kita hindari setelah bersepeda.

Langsung beristirahat setelah bersepeda

Jika terasa capai, dan kita langsung menyalakan AC di ruang tidur, mengambil guling, dan langsung tidur. Hal tersebut sebenarnya tidak baik bagi tubuh kita. Karena, otot akan menjadi kaget. Asam laktat yang tertimbun dalam otot akan terus berlanjut dan darah akan tetap tertarik ke bagian kaki yang alhasilnya akan membuat kita merasa pusing.

So, goweser tidak ingin kan otot merasa kaget dan akhirnya kepala jadi sakit setelah bersepeda gunung?

Langkah yang terbaik adalah dengan melakukan cooling atau pendinginan. Jika ada pemanasan, kita juga perlu pendinginan setelah gowes sepeda gunung. Pendinginan bisa kita lakukan dengan stretching selama 5 hingga 10 menit. Kita bisa menggerakkan otot-otot dan juga melemaskannya agar nanti jika kita ingin beristirahat, otot kita tidak mennjadi kaget.

Yuk yang habis gowes sepeda gunung, jangan langsung tidur ya. Gerak-gerakin badan dulu, supaya otot tidak kaget.

BACA JUGA:  Bersepeda saat hujan membuat sakit. Mitos atau Fakta?