Jaket Waterproof atau Windstopper ?

October 7, 2015 - 2 minutes read

Jaket Waterproof atau Windstopper

mungkin para goweser tidak asing lagi dengan jaket waterproof dan jaket windstopper. mungkin tidak banyak para goweser yang menggunakan jaket saat gowes. Namun, sebagian menganggap penting menggunakan jaket karena selain sebagai persiapan apabila kondisi hujan, jaket dirasa dapat membakar lemak di tubuh lebih cepat, dapat pula melindungi dari terpaan angin. Jaket sepeda pada umumnya terbagi dalam beberapa bagian, tergantung dengan kebutuhan dan kemampuan jaket tersebut. Seperti tahan terhadap angin (windstopper), udara dingin dan anti air (waterproof). Sedangkan untuk air sendiri masih terbagi dalam dua jenis yaitu waterproof dan water resistant.

Jaket Waterproof atau Windstopper

Definisi dari waterproof sendiri adalah jaket yang mengunakan bahan yang tahan terhadap air, serta mengunakan seal dan seam tape untuk penutup jahitan. Jaket waterproof juga menggunakan lapisan durable water-repellent coating. Sedangkan untuk jaket water resistant hanya mampu menghadapi hujan yang tidak lebat dan mungkin tidak dapat bertahan lama menghadapi hujan.

Pada umumnya jaket yang mampu menahan angin belum tentu mampu menahan air, tetapi yang mampu menahan air biasanya mampu menahan angin. Pemilihan jaket harus mengetahui kebutuhan dan bahan dari jaket yang akan digunakan.

Bahan jaket juga harus mampu melakukan breathable (mengeluarkan udara panas tubuh) sehingga tidak menimbulkan keringat yang berlebih. Jaket sepeda juga harus mampu memberikan perlindungan pada tubuh termasuk lengan, selain itu juga harus memberikan rasa nyaman dari bahan yang digunakan. Pastikan juga ukuran yang akan digunakan agar memberikan pergerakan yang baik.Selain itu hal yang harus diperhatikan karena jaket digunakan saat bersepeda maka posisi tubuh akan sedikit menunduk sehingga bagian jaket akan tertarik. Maka bagian belakang jaket bersepeda biasanya akan sedikit lebih panjang dari bagian depan.

BACA JUGA:  Tingkatkan ‘self efficacy’ dengan gowes

Semua kembali pada Goweser sendiri, mana jaket yang sesuai dan pas digunakan untuk menemani aktivitas gowes. Sebagai saran mimin, jaket gowes akan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan atau tempat yang akan dituju gowes. Semoga artikel “Jaket Waterproof atau Windstopper” dapat memberikan gambaran para goweser, salam gowes!!