Inovasi sepeda anti maling

April 19, 2016 - 3 minutes read

Inovasi sepeda anti maling

Mau tahu? keren banget nih! Sekarang semakin banyak masyarakat yang memandang bahwa sepeda merupakan alat transportasi yang penting. Berdasarkan asumsi tersebut, keamanan sepeda menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan goweser dan gowesita seiring membanjirnya berbagai jenis sepeda gowes dengan harga yang cukup mahal. Goweser dan gowesita tentu khawatir terhadap para pencuri yang semakin update mengenai hal ini. Terutama bagi mereka yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama baik untuk bekerja, maupun melakukan aktivitas sehari-hari.

Sebab itulah, Kunci sepeda menjadi pusat perhatian yang perlu mendapat sentuhan inovasi demi meningkatkan faktor keamanan. Perusahaan sepeda pun berlomba-lomba merancang desain kunci terbaik dalam hal kemudahannya ketika dibawa gowes dan efektivitas kunci tersebut dalam mencegah pencurian sepeda. Mengenai hal ini, desainer sepeda justru melihat masalah tersebut dari sudut pandang yang berbeda. Sebagai pengganti kunci atau gembok berukuran besar dan berbobot berat yang bisa dikatakan jauh dari kepraktisan, mengapa tidak membuat sepeda yang dapat berfungsi sebagai kunci atau gembok itu sendiri?

Berdasarkan pengalaman kemalingan sepeda, tiga orang mahasiswa teknik yang berasal dari Cile pun memantapkan hati untuk menemukan solusi atas masalah ini melalui Proyek Yerka. Yaitu sebuah proyek dengan fokus memecahkan problem keamanan alat transportasi roda dua berbahan bakar tenaga manusia tersebut.
Ide di balik proyek ini sangat sederhana – kebanyakan kunci dapat dirusak sementara sepeda dalam kondisi masih utuh ketika dibawa kabur oleh maling yang kurang ajar. Nah, kalau kunci sepeda itu adalah bagian utama sepeda itu sendiri, yaitu bingkai atau frame sepeda itu sendiri, maka pencuri yang mencoba merusak kunci secara otomatis merusak bingkai render sepeda tersebut, dan menjadikannya tidak dapat digunakan. Kalau sudah tidak bisa digunakan, tentu tidak bisa dibawa kabur. Meski si maling masih nekat membawanya kabur, sepeda itu tidak ada yang mau membeli (sepertinya untuk alasan terakhir tidak berlaku di Indonesia, karena bagaimanapun kondisi barangnya pencuri Indonesia masih tetap berhasrat mengambil menjualnya apakah itu utuh atau sudah rongsok).

BACA JUGA:  Tips memilih ban sepeda

Belakangan ini desain kunci sepeda yang menjadikan bingkai utama sebagai kunci gemboknya tidak hanya dirancang sebagai bentuk prototipe yang sesuai untuk sepeda fix gear atau fixie. Tim yang bekerja di belakang Proyek Yerka menyatakan bahwa kunci tersebut dapat diaplikasikan untuk semua bentuk frame. Meskipun desain prototipe mereka menempatkan baut pada roda, secara teoritis Anda harus dapat menggunakan mekanisme penguncian untuk mengunci roda depan dengan baik sebagaimana ketika Anda menggunakan kunci berjenis U.

Detail informasi mengenai bagaimana desain frame sepeda anti-maling ini dapat memengaruhi kepadatan bingkai masih belum dapat diketahui. Pasalnya proyek ini masih dalam tahap awal.