Gowes ternyata tidak hanya baik untuk melatih kemampuan otot, tapi gowes juga bagus buat otak kita. Kita tahu bahwa menaiki sepeda gunung bisa memberikan kesehatan mental dan membuat kita tampil percaya diri, namun gowes juga sangat bagus untuk pertumbuhan otak kita.

Ketika kita bersepeda, aliran darah yang ada pada otot akan meningkat, yang akhirnya membuat kapiler darah lainnya menyuplai lebih banyak darah dan oksigen untuk masuk kedalam otot. Selain itu, gowes juga meningkatkan sistem kardiovaskular lebih lanjut ke dalam otak dan menyediakan lebih banyak oksigen dan nutrisi penting dalam tubuh untuk dilanjutkan ke dalam otak sehingga otak pun dapat melakukan fungsi kerjanya dengan baik.

Bersepeda juga dapat menumbuhkan tingkat protein yang bagus untuk membentuk sel otak yang baru. Dengan gowes secara teratur, maka sel –sel dalam otak akan mengalami peningkatan hingga 2 atau 3 kali lipat lebih banyak daripada biasanya dan dapat menggantikan sel otak lama menjadi baru kemballi. Sehingga hal ini akan membuat kinerja fungsi neurotransmitter menjadi lebih optimal dan efektif. Alhasil, otak kita pun dapat berkomunikasi lebih baik dimana kemampuan kognitif kita pun meningkat.

Para peneliti dan ahli kesehatan lainnya juga selalu menyarankan untuk memakai sepeda gunung dengan rutin dan stabil selama 30 menit hingga 1 jam.

BACA JUGA:  Suhu minuman yang baik untuk diminum setelah gowes. Jangan salah!