Ini lho yang dokter asal Jepang katakan olahraga yang cocok buat orang tua

June 24, 2017 - 1 minute read

Untuk olahraga, ternyata para dokter lebih menganjurkan olahraga bersepeda daripada olahraga lainnya. Semakin tua, semakin kita akan mudah lelah jika melakukan aktivitas yang berlebihan atau yang membutuhkan tenaga yang berlebih. Tapi, gowes sepeda gunung tidak membutuhkan tenaga yang berlebih meskipun mengayuh bisa cukup lama dan mempunyai dampak lebih rendah daripada olahraga lainnya.

“Lari dan bersepeda adalah jenis latihan kardio yang sama baiknya,” kata Hirofumi Tanaka, profesor di bidang Kinesiologi serta direktur di lembaga Cardiovascular Aging Research Laboratory, di University of Texas, Amerika. Namun, menurut Dr. Tanaka, berbeda dengan olahraga lari, bersepeda tidak membutuhkan kegiatan untuk menahan beban.

“Ketika berlari atau jogging, kedua kaki kalian harus menopang berat badan sepanjang perjalanan. Karenanya, risiko menderita cidera saat berlari lebih besar dibandingkan apabila jika kalian gowes sepeda gunung,” kata dokter yang berasal dari Jepang ini. Itu sebabnya, bersepeda adalah kegiatan yang lebih aman untuk persendian kaki, terutama lutut. Jika kalian mempunyai berat badan berlebih atau mempunyai masalah dengan persendian terutama lutut, lebih dianjurkan untuk olahraga bersepeda. Semakin tua, sebenarnya kekuatan pada persendian lutut sudah semakin turun kekuatannya, karena harus mengangkat beban badan setiap saat. Karena itu, orang tua lebih baik olahraga bersepeda daripada olahraga lari, jogging, ataupun olahraga lainnya.

BACA JUGA:  INA BICYCLE JCC 14-17 Mei 2015