Ingin kurus? Gowes dulu sebelum sarapan

October 21, 2017 - 2 minutes read

Buat para pecinta sepeda gunung yang ingin segera menguruskan berat badan, yuk gowes dulu sebelum sarapan. Sudah baca post sebelumnya kan? Ternyata sarapan sebelum gowes dapat menaikkan berat badan dan mengganggu pencernaan kita. Tapi, mereka yang sarapan sesudah melakukan gowes, justru tidak mengalami peningkatan berat badan.

Sebenarnya, jika kalian ingin mengurangi lemak dalam tubuh, maka tubuh seharusnya memakai cadangan makanan dalam bentuk lemak, bukan dari makanan atau sarapan yang kita konsumsi. Jika kalian gowes sebelum makan, energy yang dibakar juga lebih banyak karena didaptkan dari cadangan makanan yang sudah ada dalam tubuh. Sedangkan ketika kita gowes sesudah sarapan, kita justru menggunakan energi dari makanan tersebut, dimana antinya kita malah lebih lapar. Selain itu, berolahraga pagi sebelum sarapan tidak akan membuat kalian ingin makan lebih banyak atau kelaparan sepanjang hari.

Menurut penelitian yang dilakukan di Belgia, mereka meneliti perubahan berat badan, antara mereka yang makan sebelum berolahraga, dan mereka yang makan sesudah berolahraga. Mereka melakukan penelitian pada 27 pria yang diberikan makanan tinggi karbohidrat, kalori serta lemak selama 6 minggu. Mereka pun dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama adalah mereka yang tidak melakukan olahraga sama sekali. Kelompok kedua adalah mereka yang sarapan dengan makanan tinggi karbohidrat sebelum melakukan olahraga, dan yang ketiga adalah mereka yang makan makanan tinggi karbo setelah olahraga.

Tentu, seperti yang kita ketahui, mereka yang memakan makanan tinggi karbo, kalori, mempunyai berat badan berlebih alian megalami peningkatan berat badan lebih dari kedua kelompok lainnya. Nah, yang menjadi concern kita, bagaimana dengan kedua kelompok lainnya?

Ternyata, mereka yang makan setelah berolahraga mempunyai peningkatan berat badan paling rendah, bahkan tidak mengalami peningkatan berat badan. Sedangkan mereka yang makan sebelum berolahraga mempunyai peningkatan berat badan.

BACA JUGA:  Atasi stress dengan gowes

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak sebelum berolahraga, malah mengganggu pencernaan kita, yang akhirnya kita dapat mengalami sakit perut ketika berolahraga.

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,