Hobi massage? Simak massage yang pas buat pesepeda

November 5, 2015 - 4 minutes read

Hobi massage? Simak massage yang pas buat pesepeda

Setelah bersepeda, gowes atau bermtb berjam-jam biasanya seluruh anggota badan akan terasa pegal-pegal mulai dari bagian bawah hingga ke atas, kalau otot sudah terasa begini paling enak adalah di massage atau dipijat.

Ada berbagai macam cara masagge atau pijat ini, tetapi sebaiknya menggunakan methode sports massage dan dilakukan oleh praktisi yang memahami anatomi dan ilmu faal dari tubuh manusia karena sports massage bertujuan juga untuk mengalirkan darah ke otak serta melemaskan otot.

Di setiap team balap sepeda profesional akan selalu ada official khusus untuk therapist atau masseur. Mereka akan bekerja setelah para pembalap menyelesaikan lomba, menghilangkan kekakuan otot, meminimalisir cedera, juga membuat otot lebih segar untuk dipergunakan lagi ke esokan harinya.

Sports massage biasanya akan dimulai dari otot-otot besar seperti Paha bagian belakang, kemudian betis,punggung hingga akhirnya seluruh tubuh. Media yang digunakan untuk massage ini biasanya cairan licin,Lama durasi massage yang diperlukan berkisar 45-90 menit, tapi ini bukan sekedar patokan, tergantung dari kondisi otot yang di massage.

Setelah melakukan sports massage ini biasakan untuk mandi atau mengguyur badan dengan air hangat, akan lebih terasa bila otot kita lebih bugar!

Dan ternyata massage sendiri memiliki banyak sekali manfaatnya, Berikut merupakan sedikit gambaran manfaat massage untuk tubuh.

  • Meningkatkan fungsi kulit: Peredaran darah dalam tubuh yang meningkat akan membantu proses untuk menghasilkan kelenjar minyak yang akan lebih efektif memproduksi keringat, sehingga akan membuang zat yang tidak berguna. Lapisan epidermis yang paling luar akan larut sehingga kondisi kulit akan lebih baik. Fungsi kulit sebagai daya penyerap akan lebih meningkat dan kulit menjadi lebih halus.
  • Melarutkan lemak: Gerakan pengurutan yang sifatnya menekan dan menghentak seperti meremas/ memijat, menepuk, memukul dapat membantu melarutkan lemak sehingga terjadi pembakaran tubuh.
  • Meningkatkan refleksi pada pencernaaan: Pengurutan perut dengan gerakan-gerakan tertentu akan lebih merangsang gerak refleksi (Peristaltik), dengan demikian akan lebih memperlancar sistem pencernaan.
  • Meningkatkan fungsi jaringan otot: Meningkatnya sirkulasi peredaran darah dapat meningkatkan nutrisi (sari makanan) ke dalam jaringan otot sehingga kekenyalan dan elastisitas akan lebih bertahan.
  • Meningkatkanya peredaran darah: Meningkatnya peredaran darah yang ditimbulkan oleh gerak pengurutan akan meningkat pula nutrisi sehingga dapat memberi makanan pada sel-sel tulang. Dengan demikian meningkat pula pertumbuhan gerak persendian.
  • Meningkatkan fungsi jaringan syaraf: Gerakan vibrace dan friction dapat merangsang pada fungsi syaraf di seluruh tubuh.
  • Sistem Getah Bening: Luka akibat pukulan akan menyebabkan terjadinya pembengkakan yang masuk ke dalam sirkulasi getah bening. Pijat dapat mengosongkan saluran getah bening dan menyembuhkan bengkak tersebut. Jika cairan yang membuat bengkak tidak disingkirkan, maka akan mengeras sehingga tidak dapat melewati saluran getah bening. Akibatnya gumpalan cairan yang mengeras tersebut akan menyumpal di sekeliling jaringan: otot, tulang, urat, ikatan sendi tulang (ligament) dan kemudian terbentuk “pelekatan” (adhesion).
  • Sistem Kandung Kemih: Pijat di bagian punggung dan perut akan meningkatkan aktivitas ginjal yang mendorong pembuangan produk sisa metabolisme dan mengurangi penumpukkan cairan.
  • Sistem Reproduksi: Sistem reproduksi juga dapat ditingkatkan. Pijat pada bagian perut dan punggung dapat membantu meredakan masalah haid, seperti rasa sakit, pra menstruasi, haid tidak teratur, dan lain-lain.
BACA JUGA:  Persentase berkurangnya terkena 14 penyakit kanker jika bersepeda

Dengan pemijatan ini stres, nyeri, dan ketegangan bisa diusir. Kekuatan dan kelenturan pikiran, tubuh, dan emosi bisa ditingkatkan. Tidur bisa lebih berkualitas. Restrukturisasi tulang, otot, dan organ dapat dibantu. Cedera baru dan lama bisa disembuhkan. Konsentrasi dan ingatan dapat ditingkatkan. Bahkan, rasa percaya diri dan harmoni bisa disegarkan. gimana? tunggu apalagi sahabat goweser? yuk pergi massage 🙂