Helm Sepeda Tipe Full Face vs Half Face

August 18, 2016 - 4 minutes read

Helm Sepeda Tipe Full Face vs Half Face

Helm Sepeda Tipe Full Face vs Half Face. Kali ini mimin akan membahas apa sih beda Helm Sepeda Tipe Full Face vs Half Face. Pesepeda Downhill dan juga pembalap BMX biasanya menggunakan helm sepeda yang tipe full-face untuk mendukung aksi mereka. Karena helm tipe full-face ini sangat aman dan mendukung aksi yang mereka lakukan. Bar dagu yang diperpanjang dari helm full-face ini akan melindungi rahang dan gigi selama tabrakan dan slideouts.

Meski helm tipe full-face ini sudah banyak menambahkan manfaat lebih pada aspek keamanan dalam bersepeda, namun masih banyak para goweser yang lebih memilih untuk mengenakan helm sepeda 1/2 atau half face (setengah wajah). Helm tipe half face ini memiliki keunggulan yakni fitur desainnya yang lebih ringan dibandingkan dengan helm sepeda tipe full face.

Dilihat dari Ventilasi Helm Sepeda

Helm sepeda tipe half face didesain terbuka tujuannya untuk menyediakan aliran udara lebih. Menurut Vital BMX yang merupakan top-rated model helm half face ini memiliki sistem ventilasi yang cukup canggih. Sangat memungkinkan ventilasi udara luar dapat menyerap keringat para goweser saat hari-hari di luar terasa sangat panas. Sedangkan menurut Bicycle Helmet Safety Institute, helm tipe full face lebih memiliki fitur minimal ventilasi. Dengan kurangnya aliran udara yang dapat masuk akan menyebabkan keringat terkumpul di dalam lapisan bagian dalam dari helm full face ini sendiri.

Dilihat dari Visibilitas

Saat berpartisipasi dalam disiplin bersepeda dengan terrain ekstrim, sudut dan jarak pandang yang lebih bebas tentu akan memungkinkan para goweser dapat menghindari bahaya yang ada di depan Anda selama tracking. Dalam hal ini, Desain kompak dari helm tipe half face telah menawarkan visibilitas yang lebih baik dibandingkan dengan helm tipe full face. Kebanyakan helm full-face ini memiliki fitur seperti sebuah pelindung yang diperpanjang (visor) yang memang dirancang untuk memblokir sinar matahari. Sehingga ketika Anda ingin melihat ke atas, helm ini dapat menghambat visi Anda. Pembangunan besar dari helm tipe full-face dapat menghalangi penglihatan periferal Anda, dan dapat menyebabkan tabrakan sesama pengendara.

BACA JUGA:  Tips Bersepeda Jarak Jauh

Dilihat dari Berat Helm

Helm sepeda tipe half face memiliki berat yang lenih rendah dibandingkan dengan helm full-face. Helm tipe full-face umumnya dilengkapi dengan cangkang luar yang keras dan terbuat dari fiberglass. Sementara helm tipe half face pada umumnya memiliki kulit terluar atau cetakan yang terbuat dari plastik ABS yang ringan atau serat karbon. Menurut majalah “Ride BMX”, helm sepeda tipe full-face ini terbuat dari fiberglass yang tentunya lebih berat daripada helm yang menggunakan fitur shell serat karbon. Top-of-the-line helm sepeda tipe half face ini beratnya bisa mencapai hanya 300 g.

Dilihat dari Kenyamanan

Secara keseluruhan, helm sepeda tipe half face ini tentunya terasa lebih nyaman dibandingkan dengan model full-face. Bagian dalam helm tipe full-face dapat mencapai suhu yang tinggi. Sehingga dapat menyebabkan Anda banyak berkeringat. Ketika bersepeda dalam waktu yang lama, desain dari helm tipe full-face ini juga dapat menyebabkan otot-otot leher Anda kaku ataupun berkontraksi dalam kurun waktu lama. Sedangkan Helm sepeda tipe half face sudah menyediakan berbagai kemudahan ataupun kebebasan gerak, sedangkan helm tipe full-face dapat menyebabkan gerakan kepala Anda lebih terbatas.

Meski banyak faktor yang menempatkan helm sepeda tipe half face ini sebagai pilihan yang tepat, namun tetap saja keamanan dalam bersepeda adalah hal yang terpenting. Jadi Sesuaikanlah jenis helm yang akan Anda kenakan sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda seorang Downhiller, free rider, DJ’er, atau BMX Trailler maka pilihlah Model Helm Tipe Full Face. Sekian postingan mimin kali ini tentang perbedaan Helm Sepeda Tipe Full Face vs Half Face, semoga bermanfaat. Salam Gowes!