Hal yang perlu diperhatikan ketika membeli sepeda gunung

June 17, 2016 - 4 minutes read

Hal yang perlu diperhatikan ketika membeli sepeda gunung

Hal yang perlu diperhatikan ketika membeli sepeda gunung. Olahraga saat ini merupakan kebutuhan untuk menunjang performa. Berolahraga secara rutin pun membuat kita memiliki gaya hidup yang sehat. Jika anda orang penyuka olahraga dan senang bertualang dan menikmati udara bersih nan sejuk, bersepeda gunung merupakan pilihan yang tepat. Namun hal yang peting dari olahraga ini adalah pemilihan sepeda yang benar dan sesuai. Pemilihan sepeda gunung yang sesuai akan membantu kamu lebih menikmati olahraga dan mendapatkan hasil yang maksimal dari olahraga bersepeda gunung. Jika kamu tertarik dengan olahraga bersepeda gunung dan berniat untuk membeli sepeda gunung idaman, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini terlebih dahulu.

hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membeli sepeda gunung

Budget adalah hal yang utama yang harus dipersiapkan sebelum berniat membeli sepeda gunung yang di inginkan. Jumlah uang yang anda miliki akan menyesuaikan dengan sepeda yang akan dibeli. Sebaiknya survey harga terlebih dahulu melalui toko belanja online atau langsung ke toko sepeda terdekat dari rumah anda. Dengan begitu anda akan mengetahui berapa perkiraan harga sepeda gunung yang akan dibeli dan menyiapkan uang untuk pembelian sepeda gunung idaman.

Karakteristik jalanan juga hal yang krusial. Medan yang nantinya akan dilalui sepeda gunung penting diperhatikan karena akan menentukan jenis sepeda gunung apa yang akan anda pilih dan gunakan kedepannya. Jadi tentukan medan apa yang akan sering dilalui ketika nanti anda menggunakan sepeda gunung anda.

Selain itu pelajari berbagai macam sepeda gunung dan medan yang biasanya dilalui. Jika anda lebih senang berkendara melalui pedesaan dengan jalan yang lurus tanpa tanjakan atau rintangan yang cukup sulit anda bisa memilih sepeda jenis Cross Country (XC) dengan rigid suspension. Tetapi jika anda kebih menyukai tantangan dan petualangan ke alam bebas menyusuri hutan, bukit bahkan pegunungan, disarankan untuk memilih sepeda jenis All Mountain (AM) atau Free Ride (FR).

BACA JUGA:  Asyik bersepeda di Jakarta di tempat berikut ini

Sedangkan untuk medan menurun, penggunaan sepeda Downhill adalah pilihan yang sangat sesuai untuk anda. Tak menyukai ketiganya dan lebih memilih street bike? Anda tetap bisa memilih sepeda gunung yang bisa dikendarai dijalanan. Sepeda gunung jenis tersebut adalah Dirt Jump yang juga disebut Mountain Bike (MTB) Urban. Penamaan kata urban karena penggunaannya yang juga didesain untuk daerah perkotaan tanpa menghilangkan sisi sepeda gunungnya sendiri, jadi desainnya tetap sporty dan tangguh. Sepeda jenis ini juga cocok untuk kompetisi sepeda karena bisa diajak melompat dan gaya Street Bike lainnya.

Jika anda sudah mantap memustuskan untuk membeli sepeda gunung dengan jenis yang sesuai dengan kebutuhan anda, jangan lupa untuk mencoba mengendarai terlebih dahulu atau test ride sepeda yang akan dibeli. Mengetes atau mencoba mengendarai sepeda akan membuat anda semakin yakin apakah sepeda yang akan dibeli sudah cocok dan sesuai dengan keinginan anda atau belum. Kemudian, test ride juga berfungsi untuk memeriksa jika sepeda yang akan dibeli tidak memiliki gangguan atau kerusakan sama sekali.

Aksesoris lain sebagai penunjang ketika berkendara dengan sepeda gunung pun jangan lupa untuk dipikirkan dan dipersiapkan anggarannya. Barang-barang seperti helm, kacamata, jersey, celana, sepatu juga sarung tangan khusus bersepeda bisa anda beli di tempat anda membeli sepeda, biasanya toko sepeda gunung menawarkan pula berbagai kebutuhan lain. Tetapi jika anda tidak tertarik untuk membeli semua perlengkapan tersebut sebaiknya anda tetap membeli helm bersepeda karena helm salah satu perlengkapan penting untuk melindungi bagian vital yakni bagian kepala.