Tidak hanya Jeffrey A. Morison, MD., pendiri Morrison Center, Kota New York, saja yang mengatakan bahwa dehidrasi dan kadar gula yang rendah yang menyebabkan tubuh mengalami sakit kepala saat olahraga gowes. Ternyata Bob Seebohar, ahli gizi olahraga untuk Komite Olimpiade AS dan Clif Bar Nutrition Partner juga mengatakan ada beberapa sebab lainnya yang menyebabkan kepala pusing saat atau setelah berolahraga, seperti menggunakan sepeda gunung.

Goweser nda ingin kan mengalami sakit kepala saat bersepeda? Tapi mengapa sih kok ini bisa terjadi?

Menurut Bob, salah satu faktor kenapa kepala kita pusing saat berolahraga, adalah matahari yang begitu terik. Hal ini bakal dirasakan sekali oleh pesepeda yang sering mengalami migraine. Karena itu, usahakan untuk tidak bersepeda saat matahari terlihat sangat terik. Kita bisa bersepeda saat pagi-pagi hari, atau pada sore dan malam hari.

Ketika kita berlari kurang dari 1 jam, atau cuaca saat itu sedang dingin, maka hidrasi menjadi pilihan. Tapi, jika kita berlari lebih dari 1 jam dan cuaca saat itu teriknya sehingga keringat pun membanjiri tubuh dan baju kita, Bob menyarankan untuk segera minum air putih atau air yang mengandung kandungan elektrolit, sehingga cairan tubuh kita yang hilang dapat segera digantikan. Konsumsi 3-6 ons setiap 30 menit.

Joanna Murphy, pelari professional juga megatakan agar selalu konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan mineral, karbohidrat sebelum melakukan kegiatan / aktivitas fisik. Sumber tersebut bisa kita temukan dalam buah pisang, ubi, atau air kelapa. Hal ini sangat bagus buat tubuh sebelum kita memakai sepeda gunung kita.

BACA JUGA:  Bersepeda Sambil Berwisata