Jika kalian menggunakan sepeda gunung setiap saat untuk pergi kerja atau untuk berolahraga, maka perawatan sepeda perlu kalian perhatikan. Merawat rem sepeda gunung, akan memberikan kenyamanan dan keamanan maksimum saat gowes.

Rem normal atau rem konvensional merupakan jenis model rem yang paling sering dan paling umum untuk digunakan sekarang sekarang ini. Rem jenis ini menggunakan bantalan rem untuk membuat gesekan di sekitar tepi roda untuk menghentikan laju roda. Sedangkan rem yang lainnya adalah rem cakram yang melekat pada roda sepeda untuk mengurangi gaya sentrifugal roda. Dengan merawat rem sepeda, kalian juga bisa menjaga “harga jual sepeda” agar selalu tetap stabil jika anda ingin menjualnya lagi.

  • Mengganti Kabel Rem

Kalian akan mengaktifkan mekanisme rem, saat kalian menekan tuas rem yang ada di pegangan sepeda, sehingga kabel rem ditarik,. Penggunaan sepeda sehari-hari akan membuat kabel rem semakin cepat aus dan jika terus menerus akan rusak. Apalagi jika tidak diganti, kabel rem dapat saja putus.

Oleh karena itu, dalam merawat rem sepeda, kita perlu mengganti rem kabel. Jika kalian merasa kabel remnya perlu diganti, maka ganti saat itu juga. Jangan ditunda, karena jika ditunda, maka kabel rem bisa cepat rusak dan putus. Nda mau kan kabel rem putus di tengah-tengah gowes? Yuk, di cek ya kabel rem nya

 

BACA JUGA:  asal usul sepeda pertama di dunia