Faktor penentu harga sepeda gunung

September 19, 2015 - 3 minutes read

Faktor penentu harga sepeda gunung

Beberapa waktu belakangan ini banyak orang yang lebih menyukai untuk menggunakan sepeda ketika mau pergi ke suatu tempat. Apalagi bila jarak yang ditempuh tidak begitu jauh. Bahkan diantara mereka juga ada yang menggunakan alat transportasi kayuh ini untuk berangkat kerja atau sekolah.

Maka tidak mengherankan bila pengguna sepeda juga makin bertambah. Apalagi sepeda gunung, karena memang jenis sepeda ini lebih nyaman untuk dipakai. Ditambah lagi harga sepeda gunung juga relatif terjangkau.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat ketika menggunakan sepeda gunung untuk melakukan berbagai kegiatan. Pertama tentu saja sepeda tidak akan menimbulkan polusi.

Kemudian biaya operasionalnya juga sangat murah karena tidak perlu mengeluarkan dana untuk membeli bahan bakar seperti halnya ketika menggunakan motor atau mobil. Kemudian keuntungan lainnya adalah kita bisa melakukan olahraga sehingga badan menjadi sehat.

Faktor yang menentukan harga sepeda gunung

Ketika ingin membeli sebuah sepeda gunung, tentu yang paling utama diperhatikan adalah soal harga. Apakah sesuai dengan dana yang kita miliki. Sedangkan harga sepeda gunung sendiri memang dipengaruhi oleh beberapa hal yang diantaranya adalah:

1. Merk atau brand

Semakin terkenal atau populer, maka harga sepeda gunung juga bisa semakin mahal. Apalagi bila merk tersebut tidak di kenal secara nasional saja, namun juga di dunia internasional. Orang akan merasa lebih bangga dan percaya diri ketika menggunakan suatu barang dengan merk yang sudah dikenal banyak orang, termasuk sepeda gunung.

2. Bahan yang digunakan

Semakin bagus dan berkualitas bahan untuk membuatnya, maka harga sepeda gunung yang dijual juga semakin mahal. Contoh yang paling nyata adalah sepeda gunung yang berbahan alumunium atau besi baja yang ringan. Sepeda ini lebih mudah dibawa ke mana saja. Tentu lain keadaannya bila bahan yang digunakan adalah besi atau logam biasa saja. Karena bobot sepeda tersebut tentu juga lebih berat.

BACA JUGA:  Anatomi Tubuh Saat Bersepeda

3. Kualitas sepeda

Ini juga merupakan faktor penentu harga sepeda gunung yang punya peran cukup besar. Kualitas dari sepeda ini biasanya ditentukan oleh bahan serta sistem produksi yang diterapkan.

4. Kenyamanan

Faktor lain yang juga ikut menentukan harga sepeda gunung adalah masalah kenyamanan ketika sepeda tersebut digunakan. Apakah kayuhannya enak, kemudian tempat duduknya juga nyaman serta sistem keamanannya, misalnya pada rem, roda dan lain lain.

5. Warna

Meski sebenarnya tidak punya hubungan sama sekali dengan keamanan atau kenyamanan, namun warna kadangkala juga punya faktor untuk menentukan harga sepeda gunung. Hal ini bisa terjadi karena masing masing warna kadangkala punya perbedaan dalam sistem pengecatannya. Demikian pula dengan harga bahan yang digunakan.

6. Lokasi

Urusan ini juga bisa menjadi faktor penentu mahal atau murahnya harga sepeda gunung. Karena punya hubungan dengan biaya pengangkutan barang. Misalnya sepeda gunung yang di jual tidak begitu jauh dari tempat produksi biasanya harganya juga lebih murah jika dibanding dengan di sebuah toko yang letaknya sangat jauh dari tempat produksi. Karena ongkos kirimnya juga membutuhkan biaya yang lebih banyak.

Sekian artikel penentu harga sepeda gunung yang bisa mimin share, semoga dapat membantu pecinta sepeda gunung apabila ingin membeli sepeda gunung nantinya.