Cek hal berikut sebelum bersepeda

January 26, 2016 - 5 minutes read

cek hal berikut sebelum bersepeda

Bersepeda adalah salah satu hobi yang menyenangkan dan tentunya juga menyehatkan. Tapi bagaimana jika bersepeda justru mengakibatkan musibah ke diri kita sendiri? Tentu menjadi terasa tidak mengenakkan bukan?? Tulisan kali ini mimin share karena sebenarnya terinspirasi dari kejadian di salah satu region forum sepeda, orang tersebut mengalami musibah atau bisa dibilang kecelakaan berupa quick release ban depannya terlepas saat kegiatan gowes. Alhasil rekan saya terjatuh, sikut dan dengkulnya mengalami luka-luka, untung saja orang tersebut menggunakan helm saat melakukan gowes sehingga kepalanya terlindungi dari cedera.

Nah kalau kejadian kaya gini tentu nyeremin kan?? Bahkan mungkin bisa menjadi kapok atau trauma untuk melakukan kegiatan ngegowes. Untuk itu mimin coba share tips tips karena ada baiknya cek hal berikut sebelum bersepeda.

cek tekanan ban

tekanan ban sepeda

Sangat perlu untuk melakukan pengecekan tekanan ban apakah sudah sesuai dengan yang dianjurkan oleh produsen ban yang kita pakai atau belum. Biasanya nilai tekanan ban maksimal tertera dengan satuan PSI. Teman-teman bisa mengeceknya pada ban yang teman-teman gunakan. Ban yang mempunyai tekanan kurang tentu membuat aktivitas gowes kita menjadi kurang nyaman, biasanya kalau tekanan ban kurang, gowesan kita terasa berat sekali beda kalau tekanan bannya sesuai dengan yang dianjurkan oleh produsen ban.

cek rem

Baik yang masih menggunakan rem tradisional (V-Brake) ataupun sudah menggunakan rem hidrolik wajib hukumnya untuk melakukan pengecekan rem sebelum melakukan aktivitas bersepeda. Pengereman pada sepeda adalah suatu hal yang sering untuk dilakukan. Luangkan waktu sejenak untuk melakukan pengecekan pada rem sepeda. Biasanya hal yang saya lakukan untuk pengecekan rem ini adalah mengecek rotor apakah letaknya masih presisi atau tidak, biasanya secara ngga sadar rotor ini bersentuhan dengan kampas rem, sehingga kalau di gowes suka ada bunyi yang mengganggu (saya menggunakan rem hidrolik) dan juga saya selalu melakukan pengetesan pengereman, apakah rem masih terasa pakem atau tidak.

BACA JUGA:  Sepeda Lowrider Indonesia

Cek fork atau suspensi

Kalau yang satu ini mungkin khusus untuk sepeda-sepeda MTB yah karena sepeda MTB lah yang banyak menggunakan fitur satu ini. Fork disini adalah fork yang bersuspensi. Hal yang satu ini sangat penting jika kita adalah seorang goweser yang hobinya blusukan keluar masuk jalanan yang konturnya tidak rata atau single track. Dengan pengecekan fork atau suspensi kita jadi tahu apakah fork / suspensi di sepeda kita masih berjalan sesuai dengan fungsinya atau malah fork / suspensi tidak bekerja sama sekali.

Cek quick release

quick release

Sepeda-sepeda sekarang sudah banyak menggunakan quick release untuk memasangkan roda ke rangka sepeda. Sebaiknya sebelum bersepeda lakukan pengecekan quick release terlebih dahulu, cek apakah quick releasenya sudah terpasang dengan sempurna atau belum. Mungkin bagi yang suka dengan medan-medan ekstrim quick release ini bisa saja menjadi kendor karena guncangan-guncangan dari melibas medan-medan yang ekstrim

Cek shifter

Ini juga hal yang sangat perlu dilakukan pengecekan sebelum melakukan aktivitas bersepeda. Melakukan pengecekan pada shifter. Teman-teman bisa melakukan pengecekan pada shifter dengan memindahkan gear dari satu gear ke gear yang lain. Perhatikan juga rantainya apakah masih ada pelumas atau sudah kering. Jika sudah kering lebih baik lumasi terlebih dahulu agar melakukan aktivitas shifting di sepeda berjalan mulus dan lancar.

Cek perlengkapan

Kalau ini tentu saja merupakan opsional yah sahabat gowes. Perlengkapan seperti helm, sarung tangan dan juga perlengkapan-perlengkapan pendukung lainnya seperti kunci L, obeng +/- atau kunci pas. Jika sahabat gowes hanya ingin bersepeda untuk bersantai-santai saja seperti melakukan aktivitas car free day mungkin ini tidak terlalu menjadi perhatian banget, namun bagi yang hobi bersepedanya adalah keluar masuk jalur-jalur sepeda (XC atau Downhill) perlengkapan tersebut tentu harus diperhatikan sekali.

BACA JUGA:  Tips bersepeda aman sekaligus hasil maksimal. Part 2

Demikian tips bisa mimin share. Hal tersebut diatas memang sering dilakukan sebelum bersepeda, tetapi juga bukan berarti mutlak harus dilakukan. yang jelas para sahabat goweser harus berhati-hati dan mempertimbangkan dengan baik dan matang sebelum gowes yang notabene termasuk gowes eksterim. Bersepeda tentu hobi yang sangat menyenangkan tapi jangan lupa untuk selalu mengingat keselamatan kita sendiri dengan melakukan pengecekan-pengecekan sederhana seperti hal diatas. Salam gowes!