Cegah flu dan pilek dengan hal berikut ini

September 19, 2017 - 2 minutes read

Di Indonesia, kebanyakan dari kita meskipun cuaca kita sendiri tidak mempunyai musim dingin, kita pasti pernah mengalami yang namanya flu / pilek. Bahkan ada saat-saat tertentu dimana satu ruangan kelas terdapat banyak anak yang mengalami sakit flu / pilek.

Yuk intip tips berikut ini.

  1. Cuci tangan

Sudah bosan dengarnya. Dari kecil hingga dewasa sekarang ini, cuci tangan itu selalu diberitakan dimana-mana, bahkan banyak advertisement juga selalu menyarankan hal ini. Eits, tunggu dulu. Hal ini sebenarnya banget lho. Tahu nda sih, penyakit itu banyak datang dari mana? Dari tangan. Tangan itu bisa jadi sumber penyakit. Ketika kita menyentuh handphone, tombol di lift, mengetik computer, dll, kita sebenarnya sudah mendapatkan bakteri yang sangat banyak di tangan kita. Terutama jika kita memencet tombol lift. So, sering-seringlah cuci tangan. Tapi jangan asal cuci tangan saja, gosoklah kedua tangan bersamaan, terutama di sela-sela jari selama setidaknya 30 detik.

  1. Hindari menyentuh hidung, mulut, dan mata.

Tangan kalian tidaklah steril. Sebelum kalian pegang bagian wajah kalian, cucilah tangan kalian terlebih dahulu. Tidak hanya agar wajah tidak terkena jerawat, tapi kalian juga bisa terhindar dari berbagai penyakit seperti flu dan pilek. Jika kalian batuk atau bersin, usahakan gunakan tissue dan jangan langsung menutupinya dengan tangan. Apabila kalian merasa hal tersebut tidak memungkinkan, coba untuk gunakan bagian dalam siku tangan kalian.

  1. Pola hidup sehat

Selalu usahakan agar seimbangi tubuh kalian dengan makan makanan yang berrgizi, tidur yang cukup, minum air yang cukup, dan tidak lupa gowes sepeda gunung secara rutin. Gowes lah setidaknya 5 kali dalam seminggu selama 30 menit per harinya. Tubuh kalian akan terhindar dari flu/pilek.

BACA JUGA:  Jika ingin sepeda gunung terlihat kinclong, harus pakai ini