Bersepeda sungguh menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan teman ataupun anggota keluarga. Tapi, goweser, pernah nda sih mengalami moment saat sedang gowes, tiba-tiba rantai sepeda gunung kita menjadi lepas? Wah, bersepeda jadi tidak menyenangkan deh jika rantai tiba-tiba lepas/macet. Tapi, tenang saja, agar rantai dari sepeda yang kita gunakan setiap hari lebih awet, yuk simak cara merawat rantai sepeda yang benar.

Dalam merawat rantai sepeda, kita membutuhkan dua item, yaitu pelumas dan cairan pembersih rantai sepeda. Kita memerlukan kedua benda ini agar rantai tidak cepat lepas atau macet. Nah, berikut adalah tips merawat rantai sepeda yang benar.

  1. Bersihkan rantai sepeda dengan air atau lap basah agar dapat membersihkan debu, kotoran, ataupun lumpur yang menempel. Dan jangan menggunakan selang air yang semprotannya mempunyai tekanan terlalu tinggi. Hal ini perlu dilakukan agar tidak melepas komponen / bagian bagian lainnya dalam sepeda.
  2. Rantai sepeda bagian depan, kita setel ke gigi yang paling tinggi dan rantai sepeda bagian belakang, kita setel ke bagian gigi terendah. Jika menyetel seperti ini, kalian menjadi lebih leluasa untuk membersihkan rantai sepeda.
  3. Untuk menggosok rantai sepeda, gunakan air panas, dan gosok dengan sikat yang bulunya agak kaku. Dan jangan lupa untuk selalu bersihkan rantai secara menyeluruh.
  4. Semprotkan cairan pembersih ke seluruh kaitan rantai sepeda. Cairan pembersih rantai ini akan membersihkan dan menghilangkan sisa-sisa pelumas kotor yang tidak bisa dibersihkan dengan menggunakan air sabun biasa.
  5. Setelah membersihkan rantai, kita oleskan rantai tersebut menggunakan pelumas agar rantai nantinya dapat berputar dengan lancar. Jika rantai sepeda yang kita oleskan pelumas itu kurang, maka rantai akan menjadi cepat berkarat. Dan sebaliknya, jika kita mengoleskan pelumas secara berlebih, maka rantai akan cepat menarik kotoran. Oleh karena itu, baca dan ikuti ketentuan dalam menggunakan takaran produk tersebut ya.
BACA JUGA:  Nda disangka, ini lho sepeda yang dipakai Kakek usia 74 tahun untuk keliling nusantara