Cara Mengatur Posisi Gear Sepeda MTB Yang Benar

November 30, 2015 - 5 minutes read

Cara Mengatur Posisi Gear Sepeda MTB Yang Benar

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas olahraga yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis sepeda yang banyak dijumpai untuk berolahraga yaitu jenis Mountain Bike (MTB) yang memiliki beberapa gigiĀ (gear) pada bagian depan dan belakang. Dalam artikel ini akan mengupas mengenai cara menggunakan dan mengatur gear atau gir pada sepeda MTB, berikut ulasannya.

Tidak semua pemilik dan pengguna sepeda MTB alias sepeda gunung mengetahui cara Shifting Gear atau secara umum menyebutnya dengan istilah pemindahan gigi transmisi atau pindah gigi. Sudah selayaknya pemilik sepeda MTB memahami dan mengerti tentang teknik Shifting Gear untuk memudahkannya dalam bersepeda dan memelihara gear dari kerusakan akibat salah mengaturĀ posisi gear.

Dengan harga sepeda yang cukup lumayan mahal, tentunya harus diantisipasi dalam menggunakannya secara asal-asalan. Kesalahan dalam mengatur posisi gir akan memperpendek umur rantai dan gir itu sendiri karena mengalami aus.

Secara umum, tuas untuk memindahkan gigi (shifter) terletak pada handle bar (stang kemudi). Shifter ini merupakan perangkat yang terhubung dengan FD (front deraileur) dan RD (rear derailleur) yang berfungsi memidahkan gigi depan maupun belakang.

Sebagai pemilik dan pengguna baru sepeda MTB, mulailah untuk mencoba melakukan latihan dalam pemindahan gigi pada jalan yang mendatar. Cobalah untuk memindahkan gigi pada gir bagian depan dan gir pada bagian belakang dan rasakan perbedaan tekanan pada kaki dan perubahan kecepatan sepeda tersebut.

Gir Depan

Gir pada bagian depan biasanya terdiri dari 3 (tiga) gigi yaitu paling kecil (gigi 1), sedang (gigi 2), dan paling besar (gigi 3). Fungsi gigi satu yaitu untuk menghadapi kondisi jalan yang menanjak atau membawa beban berat. Posisi ini memudahkan pesepeda melalui tanjakan tanpa harus turun dari sepedanya karena pedal berputar lebih mudah.

BACA JUGA:  Manfaat minum air putih hangat di pagi hari

Gigi dua yang terletak ditengah biasa digunakan untuk bersepeda santai. Pada posisi ini si pengendara sepeda tidak membutuhkan tekanan pada kaki saat mengayuh.

Posisi gigi tiga yaitu rantai berada pada gigi yang berukuran paling besar. Pada posisi ini, pesepada akan mengayuh pedal lebih berat. Pada jalan yang datar akan merasakan penambahan kecepatan dan biasa digunakan untuk ngebut pada medan yang mendatar.

Dalam melakukan pemindahan gigi pada bagian depan lakukanlah secara berurutan dari gigi satu sampai tiga dengan mengayuh pedal secara cepat. Sementara untuk menurunkan gigi dari tiga ke satu cukup dengan adjust sambil dikayuh.

Gir Belakang

Gir pada bagian belakang sepeda MTB biasa terdiri dari 7-9 gigi. Untuk gigi 1 (satu) yaitu gir yang paling besar, sedangkan gir yang ukurannya paling kecil yaitu gir 7-9.

Kesalahan Mengatur Posisi RD dan FD

Dengan memiliki sepeda MTB yang bagus dan harga yang cukup mahal sebaiknya hindari kesalahan dalam mengatur posisi gear pada bagian depan dan belakang. Sering kali kita melihat posisi gear bagian depan dan belakang tidak lurus atau tidak sejajar, terlihat miring. Dengan posisi ini akan mempercepat rantai dan gigi menjadi aus dan rusak.

Berikut ini berapa kesalahan dalam mengatur posisi rantai pada gir depan dan belakang :

  • Rantai depan berada pada posisi gigi 1 dan rantai belakang berada di posisi gigi 7.
  • Rantai depan berada pada posisi gigi 3 dan rantai belakang berada di posisi gigi 1.

Cara Benar Mengatur Posisi Gear

Agar gear dan rantai sepeda lebih awet, tidak terlepas dari perawatan dan cara pemakaiannya yang baik dan benar. Berikut ini beberapa posisi gir dan ranti yang dapat diterapkan dalam besepeda secara benar :

  • Untuk medan atau jalanan yang menanjak gunakan gir depan pada posisi gigi 1 (satu) dengan posisi gir belakang menggunakan gigi 1/2/3.
  • Untuk bersepeda santai dapat menggunakan gir bagian depan berada pada posisi gigi 2 (dua) dengan posisi gir belakang berada pada posisi gigi 1/2/3/4.
  • Untuk jalanan yang datar dan ingin ngebut silahkan gunakan gir bagian depan pada posisi gigi 3 (tiga) dengan posisi gir belakang pada posisi gigi 4/5/6/7.
BACA JUGA:  Pentingnya Sarapan, Berat Badan dan Kesehatan

Demikianlah artikel mengenai cara mengatur posisi gear sepeda MTB. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya para penggemar olahraga bersepeda.