Jika ingin melepas dan memasang roda sepeda, harus baca ini. Berikut cara melepas dan memasang roda kembali.

  1. Baliklah sepeda gunung Anda sehingga kedua roda di atas.

Buat para goweser yang ingin menghidari lecet pada bagian sadel dan grips, jangan lupa untuk selalu menggunakan alas yang tidaklah terlalu keras ataupun empuk. Kita bisa gunakan matras ydimana tebalnya sekitar 5mm. Jika ingin membalikkan sepeda, cara yang benar adalah goweser berdiri di sebelah / samping sepeda, kemudian satu tangan memegang bagian suspensi depan / down tube, dan satu tangan lainnya memegang bagian seat (dudukan sadel). Setelah itu, kita putar sepeda gunung kita secara perlahan hingga kedua roda pun berada di atas.

 

  1. Melepas roda depan dan belakang.

Selanjutnya, agar dapat melepas roda sepeda bagian depan dan belakang, kita harus buka pengencang as roda depan dengan membuka klip pengunci (jika ada). Tapi, kalau sepeda goweser tidak menggunakan klip, Anda harus memakai kunci pas yang sesuai dengan ukuran baut pengunci as roda depan. Setelah itu, agar dapat melepas roda sepeda bagian belakang, kita dapat mulai dari melepas pengencang as roda belakang, tarik ke belakang sistem pemindah gigi rear derailleur (RD) secukupnya. Dengan hal ini, roda belakang bisa ditarik ke atas dan terlepas.

  1. Memasang roda sepeda

Goweser dapat memasang kembali roda sepeda gunung Anda. Ketika kita mau memasang roda sepeda, selalu perhatikan dengan teliti klip pengencang roda. Apakah klip pengencang roda sudah terpasang dengan baik dan benar atau belum. Hal ini perlu dilakukan agar performa sepeda sepeda Goweser bisa maksimal

Selanjutnya, untuk pemasangan roda sepeda bagian belakang,  kita harus lakukan dengan berhati-hati saat hendak memasukkan gear belakang diantara mata rantai. Setelah itu, goweser tekan ke bawah sehingga dapat masuk kedudukan roda belakang dengan baik.

BACA JUGA:  Melibas turunan saat bersepeda

Happy gowes.