cara ganti brake sepeda mtb

November 21, 2015 - 2 minutes read

Kali ini mimin akan share cara ganti brake sepeda mtb. Bila performa disc brake anda mulai menurun/mulai kurang pakem, mulai berisik dan sebagainya. Hal yang bisa anda lakukan pertama kali adalah mengecek kondisi brakepadnya. Apalagi dengan teknologi self-adjusting di disc brake hidrolik masa kini, dimana jarak brakepadterhadap rotor akan selalu konstan, kadang membuat kita tidak sadar bahwa ketebalan permukaan brakepad sudah mendekati akhir hayatnya.

Beberapa kaliper disc brake menerapkan desain top loading, sehingga memudahkan proses penggantian brakepad. Berikut adalah cara mengganti brakepad pada kaliper Shimano Deore M590, yang prinsipnya bisa juga diterapkan pada kaliper disc brake lainnya.

Alat-alat yang dibutuhkan: Kunci L 5mm, Tang dan Tire Lever.

  1. Lepaskan pin pengikat brakepad. Tergantung kaliper rem anda, gunakan tang atau kunci L yang sesuai.
  2. Tarik spring plate yang berada di tengah brakepad keluar.
  3. Tarik brakepad keluar. Perhatikan kondisinya, ganti baru bila ketebalannya kurang dari 1mm. Bila sekadar kotor, bersihkan dengan alkohol dan gosok dengan ampelas kasar.
  4. Bila anda akan mengganti brakepad dengan yang baru, anda perlu mereset posisi piston kaliper. Lepaskan baut pengikat kaliper ke frame.
  5. Perlahan-lahan, dorong piston kaliper dengan tire lever sampai tercipta celah yang lebih lebar untuk mewadahi brakepad baru yang lebih lebar.
  6. Siapkan brakepad baru atau brakepad lama yang sudah dibersihkan untuk dimasukkan kembali ke kaliper. Posisikan spring plate di tengah-tengah kedua brakepad baru.
  7. Masukkan kembali brakepad dengan kebalikan cara mengeluarkannya.
  8. Pasang kembali pin pengikat brakepad.
  9. Tarik-tarik tuas rem beberapa kali sampai brakepad terasa mantap menjepit rotor.
BACA JUGA:  Keuntungan Ibu hamil bersepeda