Cara berlatih di tanjakan

July 27, 2016 - 2 minutes read

Cara berlatih di tanjakan

Cara berlatih di tanjakan. Kali ini mimin akan share bagaimana tips dan trick buat berlatih di tanjakan.Pada trek menanjak atau Up Hill seringkali dihindari oleh sebagian Sobat goweser, jelas hal ini disebabkan karena effort (tenaga) yang dibutuhkan lebih besar ketimbang gowes di trek datar maupun light downhill. Sahabat goweser yang sudah jarang gowes dan kadang waktu kembali gowes juga pasti mengalami hal yang sama di tanjakan, bahkan kadang di trek datar sekalipun. Sebenarnya ini bukan hanya karena effort (tenaga) yang di perlukan lebih besar saja, tetapi terkadang sahabat goweser belum tahu strategi atau tipsnya. coba deh sahabat goweser simak tips berikut

Cara berlatih di tanjakan

Strategi Bersepeda Nanjak sangat ‘dekat’ dengan segitiga Strength, Speed, Endurance. Strength/kekuatan menjadi dasar untuk menjadi mendapatkan kemapuan menaklukkan setiap tanjakan saat bersepeda. Kita perlu untuk membangun kekuatan ini sejak awal. Kekuatan inilah yang menjadi kunci komponen kebugaran, yang memungkinkan anda untuk mendaki lebih cepat.

Dalam sebuah referensi, disebutkan salah satu teknik membangun kekuatan ini ada sebuah teknik yang disebut Strength Endurance ( SE ) Interval. Bentuk pelatihannya berupa melakukan pedalling dengan mempertahankannya pada cadence lambat (gear besar/berat) selama rentang beberapa waktu tanpa henti. Ada yang melakukannya dengan cadence 40-60rpm untuk 10-20minutes.

Beberapa orang melakukannya dengan repetisi 2x20menit, sementara yang lainnya melakukan 4x10menit. Coba lakukan teknis ini di sela-sela kegiatan bersepeda Anda, dan rasakan hasilnya. Mari sahabat goweser praktikkan bersama-sama dan rasakan manfaatnya.

Bahkan untuk sebagian newbie sendiri yang mulai berkecimpung di dunia gowes, latihan endurance dasar merupakan lathan paling penting, karena:
1.1. Misalnya bisa main speed tinggi, tapi tidak ada endurance, tidak ada gunanya. Baru jalan 10-20km udah loyo.
1.2. Makin bagus endurance, makin tinggi stamina kita untuk latihan2 yang lain, termasuk Interval dan Speed.
1.3. Endurance training intinya ngejar kilometer yang jauh. Tergantung level fitness masing2, bisa 1 jam, bisa 2 jam, bisa sampe 5-6 jam. Kalo udah bisa main 5-6

BACA JUGA:  Tips Mencuci dan Membersihkan Helm Sepeda

Nah, setelah endurance juga kita asah, kita akan praktikkan teknik lain yang semoga bermanfaat untuk membangun kemampuan bersepeda kita, dan membuat aktivitas bersepeda kita lebih bermanfaat. Semoga tips diatas bermanfaat buat sahabat gowes yang ingin berlatih di tanjakan, Salam gowes.