Bersepeda itu punya banyak sekali manfaat, mulai dari transportasi, kesehatan, diet, dll. Tapi, alangkah lebih baik jika sepeda gunung yang kita miliki ini terawat dengan baik, agar performa saat kita gowes menjadi lebih bagus, dan sepeda kita lebih tahan lama.

Wah, kalian pasti ingin kan sepeda gunung kalian terawat lebih tahan lama? Yuk simak artikel berikut ini.

Tips agar sepeda tidak cepat rusak:

  1. Periksa komponen komponen penting dalam sepeda

Harus selalu cek bagian-bagian penting dalam sepeda ya, seperti pedal, rantai, pemindah gigi, lampu, dan komponen lainnya. Jangan lupa, untuk selalu bersihkan dengan kain lap agar debu dan kotoran tidak menumpuk di bagian tersebut. Sepeda juga harus kita cuci secara berkala, tapi perlu diingat supaya tidak terlalu sering, karena dapat membuat sepeda gunung kita menjadi berkarat. Karena itu periksa komponen komponen dalam sepeda dan bersihkan dengan kain lap.

  1. Ban dan rantai sepeda juga harus sering diperiksa

Goweser tidak ingin kan, jika saat bersepeda, ban tiba-tiba gembos / kempes. Karena itu, penting untuk diingat, selalu cek tekanan ban sepeda. Meskipun sepeda gunung goweser sedang tidak digunakan, tetap periksa dan pompa ban sepeda apabila ban ditemukan dalam keadaan kempes. Hal ini harus dilakukan supaya ban sepeda tidak cepat rusak. Oh ya, jangan lupa untuk selalu cek rantai sepeda. Ada 2 peralatan wajib yang harus digunakan untuk rantai sepeda, yaitu pelumas dan cairan pembersih rantai. Kedua benda ini wajib diperlukan agar rantai tidak cepat rusak atau macet.

  1. Tutup sepeda dengan kain saat tidak digunakan

Jika ingin menunjang performa saat gowes, sepeda gunung kita yang sedang tidak digunakan harus kita tutup dengan kain. Kita bisa gunakan kain biasa atau kain khusus untuk sepeda supaya debu dan kotoran tidak menempel pada sepeda.

BACA JUGA:  Parkiran sepeda yang unik, sayang di Indonesia belum ada

Yuk goweser yang tidak ingin sepedanya cepat rusak. Selalu periksa, bersihkan, dan tutup sepeda saat tidak digunakan ya.