Seringkali untuk memacu adrenalin, para pesepeda selalu gowes di tempat-tempat yang tinggi. Bahkan tidak sedikit juga yang berani untuk menaiki sepeda gunung mereka di tanjakan yang curam. Memang sekilas terlihat sangat menakutkan, tapi jika bisa berani menghadapi tanjakan curam ini, kita akan merasa lebih fearless dan puas akan apa yang sudah kita lakukan. Bisa dibilang juga seperti semacam prestasi.

Yuk intip tips berikut supaya bisa menghadapi tanjakan curam.

  1. Ada pepatah berkata “Practice makes perfect”. Dengan berlatih kita bisa menghadapi tanjakan curam ini. Tapi, perlu diingat berlatihlah secara bertahap, dengan menelusuri tanjakan mulai dari yang kurang curam, lumayan curam, hingga sampai yang benar benar curam. Jangan lupa untuk setel persneling di gigi rendah sampai kalian mengetahui gigi mana yang paling nyaman untuk beberapa lereng yang bervariasi
  2. Selalu jaga punggung tetap lurus dan badan harus dicondongkan ke depan saat kita mendaki. Jaga juga tekanan pada roda depan dengan cara bersandar pada gagang setang. Jika kita melakukan hal ini, ini akan membantu kita untuk menjaga cengkeraman kita.
  3. Jika kalian merasa roda depan terlihat terangkat dari tanah, jangan langsung khawatir. Karena hal ini adalah wajar dan bakal sering dialami. Tapi, bersandarlah terus dan sandarlah lebih keras pada setang.

 

BACA JUGA:  Bersepeda merusak prostat pria