Belajar Teknik Front Wheel Hop

October 24, 2015 - 2 minutes read

Belajar Teknik Front Wheel Hop

Belajar Teknik Front Wheel Hop

Tidak punya banyak waktu main sepeda di daerah pegunungan? Mulailah mencari taman bermain dekat rumah, dan tambah “tabungan” teknik bersepeda Anda. Kali ini cycling akan mengasih teknik front wheel hop menggunakan sepeda gunung. Bahasa populernya, teknik melompat-lompat dengan tumpuan roda depan, sementara roda belakang ke atas.

Belajar Teknik Front Wheel Hop 2

Teknik ini dikutip dari ehow.com tentang teknik sepeda gunung, dan dicampur penjelasan dari sebuah video how to front wheel hop.

Langkah 1

Kenakan pelindung tulang kering (shin guards), helm sepeda dan sarung tangan (gloves) sepeda. Kemudian turunkan seat post Anda ke posisi terendah.

Langkah 2

Putar crank secara perlahan hingga sepeda bergerak pelan, kemudian segera pindahkan posisi crank ke horizontal.

Langkah 3

Tekan rem depan Anda hingga mengunci 100 persen, dan tahan rem itu maksimal dengan dua jari. Ingat! Anda membutuhkan jari lainnya untuk menggenggam grip. Yang fungsinya nanti untuk menahan dan mengangkat handlebars. Jika Anda kuat menekan rem dengan satu jari, berarti kekuatan memegang grip bertambah.

Langkah 4

Saat rem terkunci, biarkan roda belakang mengangkat.

Langkah 5

Pindahkan pantat Anda ke belakang. Tepatnya di bagian belakang sepeda guna memperoleh tenaga untuk membantu mengangkat roda belakang hingga naik.

Langkah 6

Atur posisi kaki Anda dalam posisi yang benar: posisi pedal belakang vertikal dan ujung jari kaki belakang menghadap ke bawah. Posisi kaki menekuk. Untuk kaki dan posisi pedal bagian depan sedikit horizontal. Perihal kaki mana yang berada di depan tergantung Anda. Bila kaki kiri Anda lebih kuat, berarti kaki kiri yang di depan

Langkah 7

Saat posisi kaki Anda benar, mulailah melompat-lompat. Yang patut diperhatikan, saat akan melompat-lompat, ban belakang harus sudah berada di poin tertinggi, dan juga sebelum Anda mulai kehilangan keseimbangan.

BACA JUGA:  Tips Menyimpan Kantong Minum (Water Bladder)

Langkah 8

Buat lompatan kecil dan lembut. Lengan Anda harus renggang dan tidak kaku. Posisi kepala saat melakukan lompatan kecil menghadap ke bawah atau roda depan, dan lurus dengan ujung roda depan.

Langkah 9

Lompat ke depan jika Anda akan jatuh ke depan. Demikian juga lompat ke belakang jika akan jatuh ke bagian blakang. Ini akan membentu anda mencapai titik keseimbangan.

Langkah 10

Langkah terakhir, biarkan roda belakang turun untuk kembali ke posisi awal.