Beberapa alat penunjang lain ketika bersepeda gunung

June 6, 2016 - 4 minutes read

Beberapa alat penunjang lain ketika bersepeda gunung

Beberapa alat penunjang lain ketika bersepeda gunung. Olahraga bersepeda gunung memang memacu tantangan. Mengingat wilayah Indonesia yang berbukit dan banyak di kelilingi gunung aktif maupun gunung non-aktif, olahraga besepeda gunung ini terus berkembang. Ketika akan memulai petualangan selain kesiapan dan kebugaran tubuh harus diperhatikan,  kondisi sepeda gunung kita sendiri juga harus jadi fokus utama yang tidak boleh dilewatkan. Akan tetapi, ada barang-barang penunjang lain yang kiranya patut pula menjadi perhatian. Berikut barang-barang penunjang yang sekiranya bisa menambah rasa aman karena banyak diantaranya yang berfungsi sebagai pelindung untuk menjaga dan mengurangi kemungkiran resiko terjatuh atau cedera.

Helm Sepeda

Pengendara sepeda gunung yang baik tentu memperhatikan keselamatanan. Helm adalah salah satu bagian penting untuk melindungi bagian vital yakni kepala. Pemilihan helm yang baik tentu harus disesuaikan dengan ukuran kepala sehingga nyaman dan pas dipakai. Jika helm yang digunakan sesuai ukuran, fungsi dari helm itu sendiri bisa dimaksimalkan. Berbagai jenis helm sepeda gunung pun sudah banyak dijual di pasaran luas. Helm yang banyak dijumpai dan menjadi pilihan para pengendara sepeda motor adalah helm non-full face yang hanya mengutamakan perlindungan kepala bagian atas dan helm full face yang lebih memperhatikan keseluruhan bagian kepala hingga wajah.

Kacamata

Kacamata berfungsi untuk melindungi mata dari debu, batu, hingga angin ketika menjalani olahraga bersepeda gunung. Sudah barang tentu, kacamata bukan hanya untuk gaya-gayaan agar terlihat lebih keren tetapi untuk membantu dan menunjang aktivitas besepeda gunung itu sendiri. Kecepatan angin ketika bersepeda sepeti jauh lebih besar sehingga terkadang menyulitkan ketika berkendara dan juga membuat mata perih. Dengan penggunaan kacamata khusus bersepeda, hal ini ta perlu lagi terjadi dan sudah bisa teratasi dengan penggunaan kacamata khusus untu bersepeda. Pandangan pun bisa jauh lebih jernih yang membuat perjalanan pun jauh lebih aman dan terkendali.

BACA JUGA:  Cara periksa tekanan ban

Pelindung siku dan lutut

Kegiatan olahraga besepeda gunung yang bisa dibilang ekstrem ini sangat memungkinkan dan berpotensi besar untuk melukai dan membuat cedera pada tubuh, lebih parahnya bisa membuat tulang bergeser hingga patah yang diakibatkan dari tindakan non-preventif. Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan sebaiknya setiap penggemar sepeda gunung selalu menggunakan pelindung siku dan pelindung lutut di setiap kegitan bersepeda gunung. Fungsinya tentu untuk menjaga agar bagian-bagian penting dari tubuh yang memungkinkan terjadi cedera bisa dilakukan pencegahan sebelumnya karena pencegahan dan perlindungan harus selalu di utamakan. Mengingat olahraga yang dilalukan cukup berbahaya, sebaiknya setiap orang bisa lebih sadar dan hati-hati akan segal hal yang akan terjadi.

Sarung Tangan

Sarung tangan juga salah satu hal penting untuk keselamatan dan tindakan preventif. Selain untuk melindungi dari terik matahari, penggunaan sarung tangan membuat penggemar sepeda gunung lebih terjaga dari luka maupun goresan-goresan ketika melewati hutan yang penuh pepohonan dan ranting. Tak hanya itu, menggunakan sarung tangan bisa menghilangkan rasa kebas atau kaku ketika melakukan perjalanan petualangan kemanapun. Selain itu, pemakaian sarung ketika melakukan olahraga bersepeda gunung dengan jangka waktu yang cukup lama akan mengurangi luka-luka lecet di tangan ketika tangan terlalu lama bergesekan dengan stang sepeda. Jadi sarung tangan pun merupakan satu peralatan yang wajib dikenakan ketika berkendara dengan menggunakan sepeda gunung karena selain melindungi juga sebagai salah satu alat penunjang olahraga ini. Maka sebaiknya jangan dilupakan dan harus selalu di ingat.