Bar End Sepeda dan manfaatnya

October 3, 2015 - 3 minutes read

Bar End Sepeda dan manfaatnya

Bar Ends atau tanduk sepeda merupakan salah satu pelengkap yang biasa digunakan untuk jenis sepeda gunung (MTB) dan Hybrid. Lalu apa saja manfaat Bar Ends untuk sepeda?

bar end sepeda

Bar End sendiri merupakan salah satu komponen yang dipasang pada handlebar atau setang kemudi yang flatbar. Pada umumnya Bar Ends dipasang pada sepeda Hybrid atau MTB Hardtrail yang bertujuan untuk memberikan beragam variasi pegangan saat berkendara dan dapat mengatur posisi bersepeda anda.

Manfaat Bar Ends lainnya adalah meningkatkan kenyamanan saat berkendara, dengan komponen ini anda dapat membuat posisi tangan menjadi netral (telapak tangan masuk ke dalam). Posisi tangan anda akan terasa nyaman saat berkendara sehingga dapat mengurangi ketegangan otot saat riding.

Tak hanya memberikan dampak positif, namun tanduk pada sepeda juga memberikan dampak negatif. Saat melakukan pengereman secara mendadak dan goweser harus memindahkan posisi tangan dari Bar Ends ke setang mengemudi, sehingga sepeda tak dapat berhenti seketika.

Kelebihan Bar Ends pada Sepeda

• Membuat tubuh dapat bernafas lebih lega dan nyaman, karena bagian atas tubuh terbuka
• Saat berkendara di jalan tanjakan akan lebih nyaman karena posisi tangan berada di Bar Ends.
• Beberapa model tanduk sepeda dapat melindungi tangan saat terjatuh.
• Posisi pegangan akan bervariasi sehingga membantu anda untuk kelelahan saat gowes.
• Kecepatan anda akan bertambah, karena posisi goweser menjadi agak menunduk saat memegang Bar Ends.

Kekurangan Tanduk Sepeda

• Apabila menggunakan handlebar berbahan carbon,resiko setang kemudi patah sangat besar.
• Bobot sepeda akan bertambah karena adanya komponen tambahan.
• Dapat meningkatkan resiko cidera bersepeda saat tabrakan, karena posisi tangan berada pada tanduk sepeda dan tak bisa mengerem secara mendadak.

BACA JUGA:  Jembatan Sepeda Tertinggi di Denmark

Selain kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada tanduk sepeda, kami akan membahas beberapa tips pemasangan Bar Ends agar lebih nyaman saat gowes.

• Hal yang pertama untuk memasang Bar Ends pada sepeda adalah sudut kemiringan, atur posisi tangan agar terasa nyaman saat memakai tanduk sepeda. Apabila terlalu maju kedepan, cobalah atur posisi tubuh agar tak terlalu membungkuk.

• Pilihlah Bar Ends sesuai dengan ukuran telapak tangan, jangan pilih yang terlalu panjang karena dapat menambah resiko saat terjatuh dan membuat tampilan sepeda kurang menarik.

• Saat membeli tanduk sepeda, pilihlah yang berbentuk sesuai lengkungan tangan sehingga akan membuat nyaman saat touring bike.

• Apabila ada dana yang lebih, pilihlah Bar Ends yang berbahan carbon karena dapat mengurangi bobot sepeda kesayangan anda.

Itulah Bar End Sepeda dan manfaatnya pada sepeda, semoga berguna bagi para pecinta gowes. Saat membeli tanduk sepeda usahakan pilih yang sesuai genggaman tangan serta tak terlalu panjang agar tak memberikan cidera saat cidera saat riding. Salam Gowes!!