Pernahkah mengalami sakit kepala saat olahraga seperti gowes? Apakah hal tersebut normal atau itu adalah penyakit yang serius? Apa sih yang dikatakan dokter, apakah normal pusing saat bersepeda, atau malah sebaliknya?

Yuk simak yang dikatakan dokter berikut ini.

Menurut dr. Rony Wijaya, from klikdokter, sakit kepala adalah suatu keluhan yang pada dasarnya umum dirasakan semua orang. Penyebab sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena penyakit biasa atau penyakit yang cukup serius. Pusing tersebut akan lebih diperparah jika melakukan kegiatan fisik seperti olahraga. Tapi, jika sakit kepala tersebut timbul saat olahraga menggunakan sepeda gunung, itu adalah hal yang normal. Hal ini disebabkan karena relative berkurangnya asupan nutrisi dan oksigen ke otot kepala daripada nutrisi dan oksigen yang terpakai.

Karena itu, disarankan untuk istirahat sejenak saat mengalami kelelahan karena gowes, dan dianjurkan untuk menarik napar perlahan-lahan secara teratur. Karena nafas yang tidak teratur dan yang tak tersinkron dengan apa yang dilakukan, dapat membuat kita mengalami kekurang oksigen, sehingga jantung pun bekerja dan memompa darah lebih keras daripada yang biasa dilakukan. Karena itu kita pun mengalami sakit kepala.

Tidak lupa juga untuk minum air putih yang cukup ya untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

BACA JUGA:  Sarung tangan sepeda Anti Mainstream. Tampil keren saat gowes.