Saat dan setelah berolahraga, kita akan mengeluarkan keringat. Dan berkeringat setelah berolahraga adalah suatu hal yang normal dan sehat. Setelah melakukan kegiatan fisik seperti gowes, tubuh akan mengeluarkan zat-zat sisa, yang salah satunya adalah keringat. Tapi, jika keringat yang dikeluarkan terus menerus keluar meskipun sudah berhenti berolahraga, ada baiknya jika memperhatikan faktor-faktor atau penyebab lainnya yang memicu pengeluaran keringat berlebih tersebut.

Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat yang berada pada lapisan dermis, di bawah permukaan kulit. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi produksi keringat berlebih. Tidak hanya saat ketika berolahraga saja, namun ada faktor lainnya yang dapat membuat seseorang berkeringat banyak, seperti faktor cuaca yang sangat panas, stress, dan juga bisa disebabkan karena faktor genetik.

Jika berkeringat banyak setelah berolahraga, mandi sebenarnya tidak cukup agar tubuh terlihat fresh. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi keringat berlebih setelah memakai sepeda gunung kita.

  1. Istirahatkan tubuh sejenak setelah gowes. Dengan mengisitirahatkan tubuh, kita sebenarnya membiarkan tubuh untuk segera mengeluarkan semua sisa-sisa keringat dan membuat suhu tubuh kita menjadi normal kembali.
  2. Lap keringat dengan handuk bersih. Segera keringkan tubuh kita dengan membersihkan sisa-sisa keringat menggunakan handuk berrsih.
  3. Setelah keringat kita sudah kita lap dan keringakan, serta suhu tubuh kembali normal, baru kita bersihkan badan menggunakan sabun mandi antiseptik yang dapat mengurangi bakteri-bakteri penyebab bau badan.
BACA JUGA:  Pilih sepeda seperti ini untuk mereka yang memiliki berat badan berlebih (part 2)