Asal usul sepeda BMX

October 14, 2015 - 2 minutes read

Asal usul sepeda BMX

asal usul sepeda bmx

Sejarah BMX berawal dari satu jenis sepeda, “Schwinn Stingray”. Didesign dan diproduksi pada tahun 1963, sepeda stingray pantas mengucapkan terima kasih pada BMX, karena anak-anak menggunakan stingray untuk meniru gaya pengendara motocross pada masa itu.

American Bicycle Association (ABA) diciptakan mewadahi penggemar BMX dan majalah yang mengarah ke olahraga (seperti Bicycle Motocross Action Magazine (BMXA) dan Bicycle Motocross News) mulai berdiri. Hal ini membantu penyebaran BMX menjadi lebih luas dan cepat. Dalam sejarah mencatat bahwa BMX menjadi populer di negara-negara seluruh dunia ditahun-tahun itu.

Pada tahun 1970-an sepeda BMX sedang booming-boomingnya, banyak anak muda diluar negri sana yang menggunakan BMX untuk bersepeda dengan berbagai gaya freestyle. Karena dalam mengendarai sepeda BMX ini membutuhkan ketrampilan khusus.

Dan pada akhirnya di tahun 1990an, olahraga ekstrim menggunakan BMX inipun mulai menjadi sorotan dunia dan dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga. Karena semakin populer, lantas pada tahun 2008 dijadikan sebagai cabang olimpiade internasional.

Mengendarai sepeda BMX memiliki banyak tantangan yang rumit. Salah satunya adalah melakukan beberapa manuver dan beberapa lompatan, seperti berputar diudara dan melakukan jamping pada skateboard. Dengan kebutuhan yang extrim tersebut, rangka atau frame BMX biasanya berukuran 20 inci yang dibuat dengan bahan yang ringan dan tentu saja kuat untuk menahan beban sang pengendara.

Hari ini mengendarai BMX memberikan tantangan untuk melakukan dua atau tiga lompatan, berputar diudara dan jamping persis seperti skateboarder. Ini adalah olahraga kecepatan yang tidak identik dengan kasar dan banyak hambatan seperti yang pada umumya digunakan untuk olahraga ekstrim. Frame BMX biasanya 20 inci, dibuat dengan bahan yang ringan dan jauh lebih maju dari sebelumnya.

BACA JUGA:  Perlengkapan sepeda gunung sebelum gowes

Ada dua organisasi menaungi balap BMX di amerika: ABA dan National Bicycle League (NBL). Secara umum ABA meliputi pantai barat dan NBL meliputi pantai timur, tak ketinggalan American Freestyle Association (AFA) yang khusus mewadahi freestyle BMX. Sejarah BMX terus berlanjut dalam popularitasnya di Amerika Serikat dan di seluruh dunia sampai pada hari ini.