Apakah benar China negeri sepeda?

October 9, 2017 - 1 minute read

Gowes sepeda gunung itu ramah lingkungan, sehingga dapat dipakai kemana saja tanpa menyebabkan polusi. Nah, untuk negara yang kaya akan sepeda sampai dijuluki negeri sepeda adalah China. Tapi, apakah benar China adalah negeri sepeda? Eits, yuk baca post berikut.

Seperti yang kita ketahui, China adalah negara yang paling padat penduduknya di dunia, yaitu 1.373.639.073 untuk data tahun 2016. Namun, negara ini juga terkenal dengan banyaknya rakyatnya yang menggunakan sepeda sebagai salah satu trasnportasi mereka. Bahkan ada salah satu penyanyi terkenal yaitu Katie Melua yang menggambarkan kota Beijing, China sebagai kota Nine million Bicycles in Beijing.

Tapi,dilansir dari Kompasiana, anggapan bahwa China adalah satu-satunya negara yang banyak sepeda, dan rakyatnya suka gowes kemana-mana, tidaklah tepat.

Untuk situasi sepeda di China, ternyata setiap rumah di China hanya mempunyai sepeda 0,4. Jika kita kalikan 0,4 dengan 1,3 miliar, hasil rata-rata adalah tidak seluruh penduduk China mempunyai 1 sepeda di rumahya. Dan, hal ini juga berarti bahwa sepeda yang dipakai bisa jadi sepeda sewaan, sepeda milik seluruh anggota keluarga atau lebih tepatnya satu-satunya sepeda dalam keluarga tersebut, dan sepeda milik orang lain.

Namun, jika kita bandingkan dengan Belanda yang walaupun penduduknya sekitar 17 juta, dalam negara tersebut mereka mempunyai 22 juta sepeda dimana dalam satu keluarga mereka bisa mempunyai 3 hingga 6 sepeda.

BACA JUGA:  Cuci tangan dan mandi air dingin dapat membuat tubuh lebih kuat?
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,