Apakah benar bersepeda dapat menambah tinggi badan?

May 26, 2016 - 4 minutes read

Apakah benar bersepeda dapat menambah tinggi badan?

Pagi sahabat goweser, mungkin sahabat pernah bertanya-tanya tentang ini. apakah benar bersepeda sendiri dapat menambah tinggi badan kita? Tentu saja bisa! Dikutip dari laman Stylecraze, berikut beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui tentang bagaimana bersepeda dapat menambah tinggi badan Anda:

Apa bersepeda benar-benar bisa meningkatkan tinggi badan?

– Tinggi badan tergantung pada dua faktor. Gen merupakan faktor yang paling penting dan yang kedua adalah usia. Pada usia tertentu memang tidak mungkin tubuh dapat bertambah tinggi lagi.
– Jika Anda berada di usia remaja, ini adalah waktu yang tepat untuk mulai bersepeda. Karena, usia remaja adalah waktu yang paling baik untuk mencapai tinggi maksimum Anda. Latihan di usia remaja dapat membuat perbedaan signifikan pada tinggi badan Anda.
– Dengan bersepeda dan makan makanan bergizi Anda dapat menambah tinggi badan.

Apa efek bersepeda bagi tubuh?

Bersepeda dapat menambah massa otot tubuh Anda. Jika durasi bersepeda Anda minimal 4 mil per harinya, kaki dan otot betis Anda akan semakin padat dan kencang. Hasilnya, bagian bawah tubuh Anda akan menjadi ramping. Setelah Anda sampai pada tahapan ini, Anda akan terlihat lebih tinggi dan otot perut Anda juga akan semakin kuat. Dalam proses ini, otot kaki Anda akan meregang dan inilah yang membuat tinggi badan Anda bertambah.

Para ahli kesehatan juga merekomendasikan untuk bersepeda dan menjalani diet yang kaya protein dengan susu setiap harinya. Karena dengan bersepeda dan diet dengan makanan yang tepat, Anda dapat membentuk otot-otot Anda semakin kuat.

Pernahkah Anda memperhatikan otot betis dari atlet sepeda profesional? Otot betis mereka ramping dan kuat. Kaki mereka juga terlihat lebih panjang.

BACA JUGA:  Kurang tidur membuat berat badan naik

Mitos tentang bersepeda

Ada beberapa pertentangan mengenai pengaruh sepeda dan penambahan tinggi badan. Ahli medis mengungkapkan bahwa tidak ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa bersepeda dapat menambah tinggi badan. Mereka mengatakan bahwa tinggi badan pada dasarnya tergantung pada gen dan lingkungan Anda. Ini adalah suatu fakta beberapa tahun yang lalu dan telah menjadi mitos pada jaman sekarang. Penelitian terbaru membuktikan adanya efek bersepeda dan penambahan berat badan.

Fakta tentang bersepeda

Bersepeda mungkin tidak akan membuat Anda semakin tinggi, tapi pasti membuat Anda lebih ramping. Saat bersepeda, Anda dapat membakar sekitar 400 kalori per jamnya. Tubuh Anda akan terus membakar kalori bahkan ketika Anda beristirahat. Jika siklus bersepeda Anda 10 mil per harinya, Anda membakar sekitar 700 kalori.

Hal menarik lainnya tentang bersepeda adalah bahwa bersepeda dapat membentuk postur tubuh Anda. Jika Anda memiliki kebiasaan membungkuk, Anda dapat menghilangkannya dengan cara bersepeda. Dengan postur tubuh yang lebih baik dapat membuat Anda lebih tinggi dan ramping.

Tujuan bersepeda?

Selain untuk menambah tinggi badan, ada beberapa manfaat lain dari bersepeda, yaitu:

– Anda akan memiliki struktur tubuh padat, otot-otot kencang, nafsu makan terkontrol dan postur tubuh yang kokoh.
– Pernafasan Anda akan semakin teratur dan memperkuat otot-otot jantung Anda.
– Paru-paru Anda juga akan semakin kuat sebagai hasil dari beban berat saat berolahraga.
– Bersepeda juga membuat Anda berkontribusi kepada lingkungan yang bersih dan hijau.
– Menggunakan sepeda sebagai moda transportasi tidak akan menimbulkan polusi. Anda tidak menggunakan bahan bakar dan tidak mengeluarkan polusi suara.

Melihat dari manfaat tersebut, sudah seharusnya Anda melakukan latihan sepeda dengan lebih serius. Pastikan untuk bersepeda dan diet dengan makanan bergizi dan seimbang. Bersepeda selama satu jam pada kecepatan antara 12-14 mph dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Hasilnya, Anda akan lebih sehat dan bertambah tinggi.

BACA JUGA:  Yang Perlu Anda Ketahui Ketika Memompa Ban Sepeda