Kita tentu tahu bahwa olahraga itu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seluruh organ-organ tubuh kita. Bahkan olahraga juga dapat menangkal segala penyakit maupun virus dan bakteri agar tidak masuk ke dalam tubuh kita.

Tapi, kita pun sering bertanya, sebenarnya olahraga apa sih yang paling sehat daripada olahraga lainnya? Apakah gym, yoga, ataupun berenang yang memberikan alternative kesehatan yang lebih baik?

Bersepeda. Ternyata bersepeda adalah olahraga yang paling memberikan kesehatan lebih baik. Hal ini disebabkan karena gowes cocok untuk semua kalangan, baik yang bertubuh gemuk maupun tidak, baik yang muda maupun tua dan memberikan lebih banyak manfaat kesehatan baik secara fisik maupun mental daripada olahraga lainnya.

Jika kita bandingkan dengan olahraga lari, lari harus menggerakkan massa tubuh secara terus menerus sehingga semua sendi akan terus menerus menerima beban. Namun, menaiki sepeda gunung adalah olahraga yang low impact – ‘memiliki beban yang rendah’, sehingga menjadi pilihan yang tepat buat mereka yang berbadan gemuk dan yang ingin berolahraga kembali.

Menurut Dr. Simon Kemp, dari Fakultas Olahraga dan Obat-obatan di Inggris, salah satu keungggulan mengendarai sepeda gunung adalah olahraga ini dapat memberikan kesempatan untuk perbaikan teknik tanpa melakukan banyak upaya. Lain halnya dengan olahraga berenang yang membutuhkan perbaikan teknik agar dapat maksimal. Tambahnya lagi, gowes juga memiliki intensitas cukup rendah (60% detak jantung). Selain itu, menurut penelitian selama 15 tahun terhadap 30.640 orang yang tinggal di Copenhagen , menunjukkan bahwa mereka yang tidak gowes, 39% lebih cepat meninggal daripada mereka yang bersepeda.

BACA JUGA:  Ini lho alasan kenapa olahraga sepeda gunung adalah aktivitas outdoor yang mengasyikkan