Selain gowes itu sangat menyenangkan dan menyehatkan, gowes juga menjadi sarana transportasi yang dapat mengurangi pencemaran lingkungan (udara). Karena itu, banyak orang yang berangkat ke kantor, kampus, atau mengunjungi took-toko terdekat dengan menggunakan sepeda. Tidak sedikit pula orang mengendarai sepeda gunung melalu jalan raya. Yuk simak tips aman gowes di jalan raya.

  1. Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Tidak hanya pengguna sepeda motor dan mobil saja yang harus mematuhi peraturan lalu lintas. Goweser juga harus patuh akan peraturan yang ada. Jika kita ingin mengendarai sepeda gunung di jalan raya, kita harus gunakan lajur kiri dan selalu berada di lajur untuk sepeda agar kita selalu aman saat bersepeda.

  1. Jangan pakai Headset (Earphone)

Sering banget kita menjumpai orang bersepeda menggunakan Headset untuk mendengarkan musik atau menelpon. Hal ini ternyata salah dan justru membahayakan kita saat gowes di jalan raya, karena kita jadi tidak fokus untuk mengendarai sepeda gunung kita.  So, jangan pakai Headset ya saat bersepeda

  1. Jaga jarak dan standby pada rem

Kemanapun kita bersepeda di jalan raya, kita tetap harus jaga jarak. Beri space antara sepeda gunung kita dengan kendaraan lainnya. Jangan lupa juga, kedua tangan kita selalu standby pada rem. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di jalan raya. Kendaraan lain bisa berhenti tiba-tiba ataupun bisa melaju dengan kecepatan tinggi. Karena itu selalu jaga jarak dan standby pada rem.

Yuk “Happy Goweser”, yang ingin selamat di jalan raya. Ingat selalu untuk mematuhi rambu lalu lintas, tidak pakai headset dan jaga jarak agar selamat sampai tujuan.

Happy Gowes!!! And always rememember how to be safe.

BACA JUGA:  Kurangi berat badan dengan makanan berlemak. Benarkah?