Aksesoris Sepeda Gunung

September 20, 2015 - 8 minutes read

Aksesoris Sepeda Gunung

Bersepeda merupakan salah satu hobi yang banyak digemari oleh orang. Saat ini, bersepeda bahkan menjadi tren baru untuk mengurangi polusi udara yang berdampak pada pemanasan global. Selain itu, bersepeda juga memiliki nilai manfaat lain, yaitu menyehatkan karena bersepeda termasuk olahraga. Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang mampu memangkas lemak di tubuh sekaligus melatih otot-otot. Salah satu kegiatan bersepeda yang mengasyikkan adalah dilakukan di jalur offroad. Sepeda yang digunakan pun harus sepeda khusus, yaitu sepeda gunung. Selain itu, kita juga perlu menyiapkan aksesoris sepeda gunung lainnya untuk kenyamanan dan keselamatan.
Aksesoris sepeda gunung yang harus dipesiapkan saat akan bersepeda di jalur offroad adalah sebagai berikut:

Jersey

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk bersepeda di jalur offroad adalah jersey, yaitu khusus untuk bersepeda. Baju khusus bersepeda ini didesain khusus untuk mudah melar (elastis). Pada bagian permukaan baju biasanya terdapat banyak bolongan. Hal itu untuk melepas panas tubuh akibat kelelahan, terutama jika bersepeda di siang hari yang menyebabkan suhu meningkat.

Bicycle short

Selain baju khusus untuk bersepeda, kita juga harus menyediakan celana khusus berspeda,ini biasanya memiliki bentuk ketat, namun ada juga celana bersepeda yang longgar seperti celana pendek biasa. Celana ini didesain khusus untuk bersepeda karena dapat memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Selain itu, celana khusus bersepeda ini dibuat mudah menyerap keringat.

Helm

Aksesoris ini merupakan aksesoris wajib saat bersepeda di mana pun. Fungsinya untuk melindungi kepala apabila terjadi kecelakaan atau hal-hal lain yang tidak diinginkan. Terdapat beragam jenis dan ukuran helm sehingga Anda dapat memilih  sesuai keinginan dan kenyamana. Namun, yang lebih penting adalah perhatikan faktor keamanan helm tersebut sehingga benar-benar dapat melindungi.

BACA JUGA:  Ini lho yang bikin tubuh bau setelah gowes

Kacamata olahraga

Kacamata juga menjadi aksesoris yang harus disiapkan saat bersepeda. Kacamata melindungi indra penglihatan Anda (mata) dari sinar matahari yang menyilaukan. Selain itu, kacamata juga dapat melindungi Anda dari bahaya, seperti kecelakaan yang berpotensi mengenai bagian. Mata juga dapat terlindung dari hempasan kerikil, debu, dan lumpur.

Sarung tangan

Sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan. Selain itu, penggunaan sarung tangan juga dapat membuat tangan tidak mudah lelah karena di dalamnya terdapat bantalan busa dan. Bahkan, beberapa sarung tangan juga mengandung gel yang membuat tangan selalu lembab dan tidak kaku.

Rescue tools

Aksesoris ini merupakan perangkat yang harus selalu dibawa saat bersepeda, terutama di jalur offroad. Rescue tools merupakan perangkat yang berguna untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sepeda yang Anda naiki. Rescue tools ini terdiri atas beragam kunci, termasuk kunci L. Kebanyakan sepeda menggunakan baut yang dapat dibuka dengan kunci L. Apabila Anda selalu membawa recue tools ini, maka tidak akan kesulitan saat di pertengahan jalan mendapatkan kesulitan atau kerusakan.

Pengungkit ban

ini juga berguna bagi Anda yang bersepeda, terutama bersepeda pada jalur offroad. Pengungkit ban berfungsi untuk membuka ban luar apabila ban kempis. Perangkat yang wajib dimiliki bersama rescue tools ini biasanya dijual perangkat penambal ban lainnya, seperti amplas, lem, dan penambal.

Pemutus rantai (chain tool)

Perangkat yang satu ini berfungsi untuk memutuskan dan menyambung rantai sepeda yang terputus di pertengahan jalan. Jika rantai sepeda Anda terputus tiba-tiba di tengah jalan, dengan alat ini, Anda dapat memperbaikinya sendiri. Maka, sebaiknya Anda selalu membawa perangkat ini saat bersepeda.

Pemompa ban

Pemompa ban menjadi perangkat yang wajib dibawa jika Anda akan bersepeda di jalur offroad atau di. Perjalan sepeda pada medan yang tidak biasa, biasanya rentan membuat ban kempis. Maka dari itu, selalu sediakan pemompa ban jika Anda akan bersepeda. Perangkat ini biasanya memiliki penampang untuk dikaitkan pada frame yang terdapat dalam sepeda.

BACA JUGA:  Yang Perlu Anda Ketahui Ketika Memompa Ban Sepeda

Ban dalam

Aksesoris ini juga perlu Anda siapkan saat hendak bersepeda gunung. Meskipun pengungkit ban biasanya dilengkapi dengan alat tambal ban, namun tidak ada salahnya Anda menyediak cadangan ban dalam. Hal ini mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di pertengahan jalan. Apalagi di jalur offroad atau, Anda akan sulit mencari bantuan, termasuk untuk berganti ban.

Perlengkapan P3K

Perlengkapan P3K merupakan keutuhan sekunder, namun sebaiknya selalu dibawa saat bersepeda. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan dan terjatuh. Dalam perlengkapan P3K, yang perlu dibawa adalah betadine, alkohol, perban, perekat, dan. Tidak ada salahnya juga Anda membawa obat-obatan, seperti obat pereda nyeri.

Botol minum atau hydra pack

Tidak mungkin Anda tidak merasakan haus saat bersepeda. Maka dari itu, botol minum merupakan aksesoris yang penting untuk dibawa. Jangan lupa isi terlebih dahulu dengan air sebelum dibawa pergi. Selain botol minum, Anda juga dapat memilih hydra pack. Hydra pack adalah tempat minum yang tersedia dengan tasnya. Hydra pack memiliki selang yang menjulur di belakang punggung. Dengan hydra pack, kita dapat minum langsung dari selang tanpa harus bersusah payah membuka botol terlebih dahulu. Hydra pack biasanya memiliki kapasitas  1 hingga 2 liter.

Cleat pedal system

Cleat pedal system adalah sistem pedal khusus yang berfungsi sebagai pengait ke sepatu yang Anda kenakan. Pedal ini dikaitkan ke sepatu yang dikenakan agar telapak sepatu tidak mudah terlepas dari pedal. Dengan begitu, tenaga yang dikeluarkan pada pedal menjadi lebih efisien. Aksesoris ini termasuk aksesoris yang harus dibawa, terutama bagi Anda yang sering bersepeda di jalur offroad.
Namun, Anda perlu latihan terlebih dahulu untuk dapat menggunakan perangkat ini. Perangkat ini dapat digunakan jika sering berlatih menggunakannnya saat bersepeda. Banyak kasus, saat pengguna alat ini malah terjatuh saat hendak turun dari sepeda karena lupa melepaskan pengait dari pedal ini.

BACA JUGA:  Bersepeda ke sekolah meningkatkan konsentrasi anak

Sepatu

Selain jersey dan celana khusus, ada pula sepatu khusus bersepeda. Apalagi bagi Anda yang akan menggunakan cleat pedal system, maka ada sepatu khusus yang harus Anda gunakan. Namanya adalah sepatu MTB. Sepatu ini mirip sepatu olahraga lainnya, terutama sepatu yang biasa digunakan untuk mendaki gunung (hiking). Namun, bagian telapak pada sepatu MTB lebih keras dan sangat kaku. Selain itu, pada bagian telapak juga terdapat besi pengait (cleat) yang digunakan untuk mengaitkannya dengan pengait pedal.

Penahan lumpur

Aksesoris sepeda gunung lainnya adalah penahan lumpur. Penahan lumpur digunakan di bawah frame pada roda depan. Alat ini berfungsi menghindarkan agar tidak terkena mata. Selain itu, alat ini melindungi mata dari kerikil yang bisa saja terlempar ke arah mata. Perangkat ini termasuk perangkat wajib bagi Anda yang sangat memperhatikan keselamatan dan keamanan selama bersepeda.masuk penyediaan bus kota dan program bersepeda.
Di mana sepeda ini bisa dipakai dari satu tempat ke tempat lainnya di Paris.
Demikianlah manfaat sistem transportasi dan contoh-contohnya dalam kehidupan masyarakat kota di berbagai tempat di dunia.